Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menyiagakan 325 petugas pengamanan tambahan di stasiun dan di dalam kereta yang berpotensi padat saat pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10).

"Kami menyiagakan tenaga-tenaga perbantuan pengamanan, tambahan petugas pengamanan ada sekitar 325 petugas," kata Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus kepada wartawan di Jakarta pada Sabtu.

Petugas pengamanan tambahan tersebut ​​​​​​untuk membantu supaya kondisi di stasiun-stasiun maupun di dalam kereta tetap berjalan lancar dan aman.

Petugas-petugas tambahan itu secara khusus akan disebar pada jalur "tap-in" dan "tap out" stasiun-stasiun commuter yang ada.

"Agar ketika terjadi kendala di masyarakat, misalnya mungkin ada kartunya yang bermasalah atau mungkin saldonya yang kurang itu bisa kita segera atasi," kata Joni.

Baca juga: DKI imbau warga hindari Sudirman-Thamrin saat pelantikan Presiden

Arsip foto - Sejumlah calon penumpang menunggu rangkaian gerbong kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek tiba di Stasiun KA Tanah Abang, Jakarta, Rabu (5/1/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj/aa.
Selain itu, kata Joni, petugas-petugas tersebut juga disiagakan agar arus penumpang keluar-masuk stasiun tidak mandek.

"Kami juga mengantisipasi 'flow' penumpang sehingga tidak terjadi kemandekan pada saat 'tap-in' atau 'tap-out' di-'boarding'," kata Joni.

Pihaknya memprediksi sejumlah stasiun di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan dipadati penumpang pada Minggu (20/10).

"Misalnya, di Stasiun Gondangdia, Stasiun Palmerah, Stasiun BNI Sudirman, kemudian juga Stasiun Juanda dan Stasiun Sawah Besar," katanya.

Stasiun-stasiun tersebut adalah beberapa stasiun yang akan ramai dipadati masyarakat dengan adanya mobilisasi mereka.

Baca juga: DKI siagakan ribuan petugas kebersihan saat pelantikan Presiden 

Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta pada Sabtu (19/10/2024). (ANTARA/Risky Syukur 
​​​​Joni melanjutkan bahwa pada prinsipnya KAI Commuter mendukung kesuksesan pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Prinsipnya bahwa KAI Commuter men-'support', mendukung apa yang menjadi program pemerintah besok, melaksanakan 'event' sebagai bentuk syukur terkait dengan adanya pelantikan RI 1 dan RI 2 besok," kata Joni.

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 pada Minggu (20/10) di Gedung MPR/DPR RI Jakarta.

Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi).

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024