Hangzhou (ANTARA) - Festival Teater Wuzhen ke-11 resmi dibuka pada Kamis (17/10) malam di kota air kuno Wuzhen yang terletak di Provinsi Zhejiang, China timur, mempertemukan seniman-seniman teater, baik tua maupun muda, serta para penggemar dari dalam maupun luar China.

Festival tahun ini, yang berlangsung hingga 27 Oktober dengan mengusung tema "Solidaritas", menampilkan 24 sandiwara yang diundang secara khusus dari 11 negara, 18 sandiwara yang akan berkompetisi dalam segmen kompetisi seniman teater pendatang baru (emerging theater artist), serta sesi mengajar dan membaca, juga karnaval outdoor.

Sandiwara teater bertajuk "We Are Leaving" yang dipersembahkan oleh Nowy Theatre dari Polandia, ditampilkan pada upacara pembukaan.
 
Foto yang diambil pada 17 Oktober 2024 ini menunjukkan parade Festival Teater Wuzhen ke-11 di Wuzhen, Kota Tongxiang, Provinsi Zhejiang, China timur.  (Xinhua/Xu Yu)   


Kompetisi seniman teater pendatang baru, yang merupakan komponen utama dari Festival Teater Wuzhen, bertujuan untuk menyediakan platform bagi para seniman muda yang menjanjikan guna mengembangkan karya-karya teatrikal yang orisinal. Sebanyak 18 karya kreatif telah dipilih dari sekitar 560 kandidat untuk dipentaskan di Wuzhen dalam tema yang telah ditentukan, yaitu "Bantal, Sinar Matahari, dan Dinosaurus Besar".

Chen Xianghong, salah satu pendiri festival ini, mengatakan bahwa Festival Teater Wuzhen berkomitmen untuk mengembangkan talenta-talenta muda, menciptakan pengalaman budaya yang berkelanjutan dan berkualitas tinggi, serta menjadikan ajang tersebut sebagai jendela menuju dunia teater China. Selesai


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024