Jakarta (ANTARA) - PT KAI melakukan sejumlah upaya untuk memfasilitasi publik yang ingin menyaksikan acara pelantikan Presiden, salah satunya dengan memasang tarif spesial sebesar Rp1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek untuk 20 Oktober 2024.

“Adapun untuk menggunakan layanan ini, terdapat ketentuan saldo minimum bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dan Kartu Uang Elektronik (KUE) sebesar Rp 1.000 dan saldo minimum LinkAja sebesar Rp 20.000," kata Manajer Humas LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Mahendro mengatakan setiap kartu KMT dan KUE hanya dapat digunakan oleh satu pengguna. Dia mengimbau masyarakat untuk menggunakan KUE atau KMT demi mempercepat proses pembayaran dan mengurangi waktu tunggu di pintu masuk stasiun.

Dia menilai, metode pembayaran ini membantu mengurangi kepadatan dan memberikan efisiensi di tengah volume pengguna yang diprediksi akan meningkat signifikan. Selain penerapan tarif spesial, juga untuk mendukung kelancaran acara pelantikan termasuk menambah total perjalanan menjadi 364 guna mengatasi lonjakan pengguna.

Baca juga: Dukung pelantikan presiden besok, perjalanan LRT Jabodebek ditambah

Baca juga: Tarif Transjakarta, LRT dan MRT hanya Rp1 saat pelantikan presiden


Adapun masyarakat diingatkan untuk menjaga barang-barang pribadi, katanya, terutama di area yang ramai, serta selalu memperhatikan anak-anak.

"Pengguna diharapkan mengutamakan pengguna prioritas seperti lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan pengguna yang membawa balita. Tidak lupa, menjaga kebersihan lingkungan stasiun dan kereta juga diimbau demi kenyamanan bersama," katanya.

KAI juga mendorong pengguna untuk membawa tumbler atau botol minum pribadi. Sebagai bentuk layanan tambahan, seluruh stasiun LRT Jabodebek telah menyediakan pengisian air minum gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Kami berharap kebijakan tarif spesial ini serta berbagai imbauan lain dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengikuti Pesta Rakyat, sekaligus mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke transportasi publik yang lebih efisien dan ramah lingkungan,” ujar Mahendro.*

Baca juga: Jumlah penumpang LRT Sumsel capai 3,13 juta hingga triwulan III-2024

Baca juga: Waskita lakukan inovasi rampungkan LRT Jakarta Velodrome-Manggarai

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024