Dengan penambahan jumlah perjalanan menjadi 364, kami berharap masyarakat dapat merasakan pengalaman transportasi publik yang lebih lancar dan nyaman selama berlangsungnya acara tersebut
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan 364 perjalanan LRT Jabodebek pada Minggu 20 Oktober 2024 untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden.

“Dengan penambahan jumlah perjalanan menjadi 364, kami berharap masyarakat dapat merasakan pengalaman transportasi publik yang lebih lancar dan nyaman selama berlangsungnya acara tersebut,” kata Manajer Humas LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dengan penambahan perjalanan ini, kata dia,  headway LRT Jabodebek berlaku secara merata sepanjang hari yakni 11 menit pada lintas Jatimulya / Harjamukti - Cawang, dan 5 menit pada lintas Cawang - Dukuh Atas.

Pihaknya berharap inisiatif ini dapat memastikan kelancaran perjalanan, khususnya di area Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan Jalan Merdeka Barat yang menjadi pusat acara.

Baca juga: KAI: pengguna LRT Jabodebek meningkat 23 persen pada kuartal III 2024

Adapun jadwal perjalanan pertama dan terakhir LRT Jabodebek pada 20 Oktober 2024 adalah sebagai berikut:
  • Dukuh Atas – Jatimulya: Perjalanan pertama pukul 06:18, terakhir pukul 22:48.
  • Dukuh Atas – Harjamukti: Perjalanan pertama pukul 06:23, terakhir pukul 22:53.
  • Jatimulya – Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:24, terakhir pukul 21:54.
  • Harjamukti – Dukuh Atas: Perjalanan pertama pukul 05:30, terakhir pukul 22:00.
Pihaknya juga telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif guna mendukung kenyamanan penumpang, dengan menambah personel pengamanan dan petugas pelayanan di berbagai stasiun.

“Kami berharap penambahan jadwal perjalanan ini dapat mendukung masyarakat dalam menyaksikan momen bersejarah ini dengan lebih mudah dan nyaman, serta merasakan manfaat dari layanan transportasi publik yang terus kami kembangkan,” kata Mahendro.

Baca juga: LRT Jabodebek hadirkan inisiatif ramah lingkungan dukung keberlanjutan

Selain itu dia berharap penambahan perjalanan dapat mendorong lebih banyak masyarakat beralih menggunakan transportasi publik, sekaligus membantu mengurangi kemacetan dan polusi di kawasan Jabodebek.

Mahendro juga mengimbau pengguna LRT untuk memberikan prioritas kepada penumpang rentan, seperti penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, serta orang tua yang membawa anak kecil.

“Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan LRT Jabodebek dengan bijak, menjaga ketertiban, serta memperhatikan keselamatan selama perjalanan. Mengingat potensi peningkatan jumlah penumpang, kami berharap masyarakat dapat mendukung kelancaran perjalanan bersama,” ujar Mahendro.

Baca juga: KAI tambah jam opersional dan perjalanan LRT Jabodebek, jadi 358 trip

 

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024