Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, mengganti nomenklatur atau tata nama Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

"Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud) RI Nomor 24 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Pattimura," kata Rektor Unpatti Prof Freddy Leiwakabessy di Ambon, Sabtu, saat peluncuran dan pergantian nama FMIPA menjadi FST di Kampus Unpatti Ambon.

Rektor Freddy menjelaskan  perubahan nomenklatur tersebut bukan hanya sebatas pergantian nama, melainkan tonggak penting dalam perjalanan FMIPA atau FST menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan zaman.

Baca juga: Unpatti: Konsorsium wilayah timur wujudkan kampus bertaraf dunia

"Keputusan untuk mengubah nama fakultas ini bukan sekadar formalitas, melainkan respons nyata terhadap perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus terjadi di lingkungan akademik," katanya.

Ia melanjutkan perubahan nama FMIPA menjadi FTS harus diarahkan pada tiga hal mendasar yakni pengembangan ilmu dasar pada semua aspek untuk mengembangkan teknologi, penguatan riset untuk menghasilkan ketahanan pangan, dan menghasilkan ketahanan bidang kesehatan, serta mengarah pada estimasi perubahan.

"FST diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi fakultas yang besar, yang nantinya terakreditasi internasional pada rumpun sains dan teknologi serta mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya untuk menuju world class university,” ucapnya. 

Baca juga: Unpatti siapkan 12 Prodi menuju akreditasi internasional

Sementara itu berdasarkan sejarahnya FMIPA yang kini berganti menjadi FST Unpatti berdiri pada 26 Februari 1998 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No: 045/C/1998, dengan salah satu tugas menyelenggarakan layanan kuliah dasar MIPA (Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika) di dalam lingkungan Unpatti.

 Pada tanggal 26 September 2001 dengan dikeluarkannya izin penyelenggaraan program studi (prodi) untuk program Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika melalui SK Dirjen Dikti No: 3115/D/T/2001, maka FMIPA secara resmi menyelenggarakan program pendidikan Sarjana (S1) untuk empat prodi tersebut. 

Baca juga: Rektor Unpatti minta wisudawan tingkatkan kemampuan TI hadapi era 5.0

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024