Lombok Tengah (ANTARA) - Pembalap asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Arai Agaska Dibani Laksana meraih podium pertama setelah menjadi yang tercepat pada race pertama national sport 250cc Mandalika Racing Series yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Sabtu.

Arai yang merupakan pembalap dari tim Yamaha KYB MFZ Dynavolt memulai balapan di baris kedua atau di grid 6 dan berhasil menyelesaikan balapan yang digelar 10 putaran itu dengan catatan waktu 18 menit 30.331 detik.

Kemudian di podium kedua diisi pembalap dari Astra Honda Racing Team Decksa Almer asal Jawa Barat, dan di podium ketiga ditempati pembalap Sulsel dari Astra Honda Racing Team Aan Riswanto.

Pada final lap, persaingan begitu ketat antara Arai dengan pembalap dari tim Honda Abdul Gofar yang gagal finis setelah terjatuh saat bersenggolan.

Namun, Arai berhasil keluar sebagai juara, meskipun pada balapan sebelumnya mengalami kecelakaan yang menyebabkan tangannya keseleo. Namun ia mengaku kondisi tangannya sudah pulih 90 persen saat final race.

"Saya berada di posisi dalam dan mengalami selip. Saya minta maaf kepada tim Astra karena Abdul Gapur terjatuh," kata Arai usai balapan.

Sementara itu, pembalap Aan Riswanto mengatakan balapan begitu ketat karena peserta merupakan pembalap hebat.

Baca juga: Ratusan pembalap panaskan final round Mandalika Racing Series 2024

"Kendala saya cuaca yang begitu panas. Namun berhasil finis di posisi tiga," katanya.

Sebelumnya, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan 119 starter siap berjibaku dalam putaran final kejurnas balap motor sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024, 19-20 Oktober, di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sebanyak 119 starter telah terdaftar. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Riau, Berau, Palu hingga Papua," kata Direktur MGPA Utama Priandhi Satria di Lombok Tengah

Adapun jumlah pembalap yang terdaftar di kelas junior sport 150 U-15 sebanyak 24 starter, nasional sport 250 (27 starter), supersport 600 (6 starter), nasional sport 150 (17 starter), superbike 1000 dan supersport 600 (14 starter), dan Underbone 150 Open (30 starter).

Baca juga: Final race Mandalika Racing Series digelar 18-20 Oktober
Baca juga: Pertamina lanjutkan dukungan pada pembinaan pembalap muda Indonesia

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024