• Lebih dari 1 GW kapasitas tenaga surya baru akan tersedia pada akhir tahun 2025

    • Pipeline berkapasitas 3 GW lebih, yang mencakup proyek tenaga angin 600 MW, akan diluncurkan pada tahun 2026
    • Dengan penambahan ini, Inkia yang sudah memiliki kapasitas tenaga air, gas alam, dan BESS sebesar 2.237 MW akan memastikan posisinya sebagai perusahaan pembangkit listrik terbesar dan paling terdiversifikasi di Peru.

Lima, Peru--(ANTARA/Business Wire)-- Inkia Energy, melalui anak perusahaannya yang dimiliki secara menyeluruh, Kallpa, telah mendapatkan persetujuan lingkungan untuk perluasan pembangkit listrik tenaga surya yang saat ini sedang dibangun di Peru Selatan, yang merupakan pusat sumber daya tenaga surya global terkemuka. Persetujuan tersebut akan meningkatkan proyek tenaga surya, Sunny, dari 228 MWp menjadi 338 MWp, dan diharapkan akan beroperasi penuh paling lambat pada paruh kedua tahun 2025. Berbasis di Peru, Inkia Energy adalah perusahaan pembangkit listrik terbesar di negara tersebut dan dikendalikan oleh investor infrastruktur global I Squared Capital.

Selain Sunny, Inkia telah merealisasikan pembangunan dua proyek tenaga surya yang berdekatan, dengan menandatangani perjanjian pembelian energi dan I-REC untuk pengembangan ini. Melalui ketiga proyek ini, Inkia akan mengonsolidasikan energi ‘Pusat Tenaga Surya Peru’, dengan mengontribusikan sekitar 1 GWp kapasitas energi terbarukan ke Jaringan Listrik Interkoneksi Nasional mulai kuartal keempat tahun 2025.

Selain itu, perusahaan ini berharap untuk meluncurkan dua proyek tenaga angin, dengan kapasitas agregat minimal 600 MW, pada tahun 2026. Pengembangan tenaga angin, ditambah dengan beberapa proyek tenaga surya dan BESS lainnya, akan memperkuat posisi perusahaan ini sebagai pelaku energi terbarukan terkemuka yang akan memenuhi kebutuhan energi Peru saat ini dan pada masa mendatang. Berbagai inisiatif ini memperkuat proposisi nilai Inkia untuk menyediakan pasokan listrik yang berkelanjutan dan andal bagi pelanggannya yang dihasilkan dari kombinasi berbagai sumber energi terbarukan dan kapasitas gas alam yang efisien, yang krusial dalam mengatasi kekurangan dan intermitensi energi terbarukan.

Inkia juga menawarkan beberapa solusi energi behind-the-meter kepada kliennya melalui kendaraan retail khusus, Kondu, yang telah menjadi salah satu pemain terbesar di segmen pasar usaha kecil dan menengah (UKM).

“Inkia pada intinya adalah pengembang dan merupakan perusahaan pembangkit listrik dengan pertumbuhan tercepat selama dekade terakhir. Peluncuran Sunny menandai dimulainya kampanye ekspansi Inkia 2.0, yang selaras dengan kebutuhan energi Peru dan menobatkan Inkia sebagai perusahaan solusi energi terkemuka di negara tersebut”, kata Willem Van Twembeke, CEO Inkia Energy. “Kami yakin bahwa portofolio Inkia yang seimbang, beserta peringkat investasinya yang baik, menjadikan perusahaan ini pilihan utama bagi klien dari segi keandalan, baik dalam hal energi maupun dukungan finansial.”

Tentang Inkia Energy

Inkia adalah perusahaan pembangkit listrik terbesar di Peru yang memiliki kapasitas terpasang 2.237 MW melalui anak perusahaannya yang dimiliki secara menyeluruh, Kallpa. Inkia Energy dikendalikan oleh I Squared Capital, investor infrastruktur global independen terkemuka dengan total nilai aset yang dikelola sebesar lebih dari $40 miliar. Di Peru, Inkia mengoperasikan portofolio pembangkit listrik tenaga air dan gas alam siklus gabungan yang efisien, dan baru-baru ini melakukan komisioning Battery Energy Storage System (BESS) berkapasitas 34 MW. Selain Sunny, Kallpa sedang mengembangkan beberapa proyek tenaga angin, tenaga surya, dan BESS sehingga memastikan pasokan listrik yang berkelanjutan, andal, dan ramah lingkungan bagi Peru. Inkia juga memiliki Kondu, sebuah perusahaan penyedia solusi energi yang dikhususkan untuk memenuhi permintaan retail, dengan menawarkan beberapa solusi pasokan energi dan solusi behind-the-meter kepada klien Inkia. Di luar Peru, Inkia telah memiliki dan mengoperasikan aset pembangkitan dan distribusi listrik untuk kapasitas lebih dari 5,5 GW dan 2 juta klien di seluruh Amerika Latin.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/54133250/en

Kontak
Kontak Media

Pamela Gutierrez

Sumber: Inkia Energy


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024