Jakarta (ANTARA) -
Giring Ganesha yang dikenal Giring "Nidji" adalah musisi yang berpindah haluan menjadi politisi bersama PSI (Partai Solidaritas Indonesia) sebagai anggota dewan pembina partai.

Kiprahnya bersama PSI yang cukup vokal membuat Giring masuk ke dalam daftar calon wakil menteri untuk kabinet Prabowo. Hal itu terlihat ketika Giring datang ke kediaman Prabowo pada Selasa (15/10).

Giring digadang-gadang akan berdampingan melaksanakan tugas bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon untuk mengurus sektor kebudayaan bangsa.
 
Lantas, siapakah Giring Ganesha atau Giring Nidji ini? Berikut penjelasan terkait profil dan latarbelakang calon wakil menteri kabinet Prabowo.
 
Profil Giring Ganesha
 
Giring Ganesha lahir di Jakarta pada 14 Juli 1983. Ayahnya adalah jurnalis Djumaryo Imam Muhni yang pernah bekerja di berbagai media yaitu kantor berita Antara, majalah Astri, dan harian Berita Yudha. Tahun 1978, ayahnya mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Seroja.
 
Giring pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 34 Jakarta dan lulus tahun 2002. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana komunikasi, jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Paramadina.
 
Giring sempat mengambil cuti kuliah untuk fokus pada karier bermusik, sehingga ia tidak menyelesaikan kuliah. Tahun 2023, ia memutuskan kembali berkuliah di Universitas Terbuka dan berhasil meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi.
 
Namanya mulai dikenal luas saat menjadi vokalis band Nidji yang populer di tahun 2000-an. Lagu yang hits dinyanyikan yaitu “Laskar Pelangi” dan soundtrack film 5 CM, Supernova, Tenggelam Kapal Van Der Wijck, dan lainnya.
 
Dalam karir dunia tarik suaranya, Giring bersama bandnya memiliki banyak penghargaan yang berhasil mereka raih. Band Nidji pun kerap membawakan lagu-lagu dengan pesan yang positif, sehingga membuat band mereka semakin dekat dengan para penggemar.
 
Tidak hanya fokus bermusik, Giring juga terjun dalam dunia perfilman sebagai pemain film atau aktris. Beberapa film yang pernah ia perankan yakni Sang Pencerah tahun 2010, Jiblal Traveler: Love Sparks in Korea tahun 2016, dan pengisi suara kartun Paddle Pop Lion dalam film animasi Paddle Pop Kombatei The Movie.
 
Terkenal dengan gaya khas rambut kribonya, Giring kerap menjadi bintang iklan, seperti ikan Hoda Revo, Djarum Coklat, Line, Coca Cola, Kopiko, dan Mie Sedap.
 
Pada tahun 2017, Giring memutuskan untuk meninggalkan karier musik dan entertainment, lalu fokus pada dunia politik. Ia memilih terjun ke dunia politik lantaran keinginannya memberikan kontribusi dirinya terhadap bangsa dan negara.
 
Saat Pilpres 2014, Giring aktif sebagai relawan pendukung Jokowi-Jusuf Kalla. Tidak hanya itu, tahun 2017 ia juga bergabung menjadi relawan pendukung Ahok-Drajot Saeful. Hingga akhirnya, ia memutuskan bergabung bersama Partai Solidaritas Indonesia (PSI).
 
Aktif dalam partai PSI, Giring berhasil menang dalam Pemilihan Umum Legislatif DPR-RI tahun 2019 dengan mengantongi 47 ribu suara. Namun, kesempatan tersebut harus gagal lantaran PSI tidak menembus ambang batas parlemen.
 
Giring sempat merasa kecewa dengan kegagalannya itu, namun mencoba kembali bangkit dalam dunia politiknya. Pada periode 2019-2024, dirinya dipercayai menjabat sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Grace Natalie yang mesti mengejar pendidikan di Singapura.
 
Kemudian, Giring pernah digadangkan akan mencalonkan diri di Pemilu 2024 sebagai kandidat calon presiden. Namun, ia mengurungkan kembali niatnya.
 
Giring juga aktif mengikuti organisasi. Salah satunya yakni organisasi olahraga elektronik atau esport. Melihat potensi dirinya, ia pun dipercaya menjadi Presiden Indonesia Esport Primier League (IESPL).
 
Dalam organisasi tersebut, Giring turut memprakarsai pembentukan liga esports bersama PT Gajah Merah Terbang, bagian dari grup PT Merah Cipta Media. Ia juga mengadakan perlombaan tim olahraga elektronik Indonesia yang berhadiahkan sejumlah uang sebesar Rp1 miliar.
 
Tahun 2020, Giring terpilih menjadi Ketua Pelaksana Piala Menpora Esport. Acara tersebut berhasil menjadi kegiatan esport terbesar pertama di Indonesia.
 
Kini, Giring terlihat lebih aktif berkiprah dalam dunia politik bersama partai PSI. Pada september 2023, dirinya dilantik sebagai Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan posisinya sebagai ketua umum digantikan oleh Kaesang, anak bungsu Presiden Jokowi.
 
Profil singkat Giring Ganesha

Nama lengkap: Giring Ganesha Djumaryo, S.I.Kom
Keluarga
Ayah: alm. Djumaryo Imam
Ibu: Muhni
Istri: Chintya Riza
Anak: Aisyah Amira, Jasmina Aishwarya, dan Abraham Zahfir Ganesha.
 
Penghargaan
  • 2008 - Pemenang nominasi Most Favourite Group Band or Duo dan Most Favourite New Artist di MTV Indonesia Awards
  • 2008 - Pemenang nominasi Lagu Rock Terbaik di AMI Awards
  • 2009 - Pemenang nominasi Lagu Pop Terbaik "Laskar Pelangi" di AMI Awards
  • 2009 - Pemenang nominasi Karya Produksi Terbaik "Laskar Pelangi" di AMI Awards
  • 2009 - Pemenang nominasi Lagu Terbaik "Laskar Pelangi" di Anugerah Planet Muzik
  • 2010 - Pemenang nominasi Aksi Panggung Terdahsyat di Dahsyatnya Awards
  • 2014 - Pemenang nominasi Karya Produksi Original Soundtrack Film Terbaik "Sumpah & Cinta Matiku, Di Atas Awan" di AMI Awards
  • 2014 - Pemenang nominasi Peran dalam Video Clip Terdahsyat di Dahsyatnya Awards
 
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024