Kami berharap proses penambahan lajur ketiga ruas Tol Cipali dapat berlangsung lancar agar selesai sesuai rencana di Desember 2024
Cirebon (ANTARA) -
Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) menjamin proyek penambahan lajur ketiga di ruas KM 87 hingga KM 110, Kabupaten Subang, Jawa Barat, dapat dirampungkan sesuai jadwal yakni pada Desember 2024.
 
Direktur Operasional Astra Tol Cipali Rinaldi dalam keterangannya di Cirebon, Sabtu, mengatakan proyek yang dimulai sejak Juli 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta penambahan kapasitas di sepanjang ruas tol tersebut.
 
Adapun pada minggu ke-19 ini, kata dia, penambahan lajur ketiga di Tol Cipali berhasil melampaui target dengan realisasi 52 persen di zona KM 87-KM 98 dan 46 persen di zona KM 98-KM 110.
 
“Progres penambahan lajur ketiga ini terus melampaui target perencanaan. Ini merupakan bukti konkret peningkatan layanan kami kepada pengguna jalan. Kami berharap proses penambahan lajur ketiga ruas Tol Cipali dapat berlangsung lancar agar selesai sesuai rencana di Desember 2024,” katanya.
 
Rinaldi menyampaikan proyek ini merupakan kelanjutan dari penambahan lajur ketiga di KM 72 hingga KM 87, serta di depan Rest Area KM 101-KM 102 dan KM 130 yang tahap pengerjaannya telah dirampungkan pada 2023.
 
Dalam proyek tersebut, pihaknya sudah menyelesaikan tahapan pembongkaran dan pembersihan area, dengan pekerjaan pembongkaran tanah serta konstruksi dilakukan secara bertahap hingga akhir masa penambahan lajur.
 
Ia memastikan keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama, dengan diadakannya pertemuan harian (toolbox meeting) untuk mengendalikan potensi bahaya dan edukasi pencegahan.
 
Selain itu, lanjut Rinaldi, pemeriksaan rutin juga dilakukan pada alat berat yang digunakan untuk memastikan kelancaran pekerjaan.
 
“Setiap minggunya, inspeksi rutin juga dilakukan untuk memastikan kualitas pekerjaan yang sesuai standar,” ujarnya.
 
Sebagai bagian dari peningkatan kualitas jalan, pengelola Tol Cipali juga melakukan peremajaan lajur pertama dan kedua di sepanjang KM 87-KM 110.
 
Rinaldi mengungkapkan guna mempercepat proses ini, penutupan sementara bahu jalan, lajur pertama dan lajur kedua dilakukan secara bergantian.
 
Pengelola Tol Cipali mengimbau pengguna jalan agar selalu waspada, menjaga jarak aman antar kendaraan, dan mengurangi kecepatan saat melintasi area proyek.
 
Jika merasa lelah, Rinaldi menyarankan agar pengguna dapat memanfaatkan tujuh rest area yang tersedia di ruas Tol Cipali atau keluar melalui gerbang tol terdekat.
 
“Untuk bantuan darurat, pengguna dapat menghubungi Traffic Monitoring Center (TMC) yang siap melayani 24 jam melalui nomor 0260-7600-600 atau 081-234-7600,” tuturnya.

Baca juga: Daftar tarif Tol Cipali untuk kendaraan Golongan I
Baca juga: Tim gabungan lakukan operasi ODOL guna tekan kecelakaan di Tol Cipali
Baca juga: Daftar rest area di Tol Cipali dan fasilitasnya

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024