Jakarta (ANTARA) - Yang patut disyukuri dari kekalahan 1-2 yang dialami Indonesia dari China di Qingdao, 15 Oktober lalu, adalah para pemain, pelatih, ofisial tim, hingga suporter, sadar bahwa Garuda belum setara dengan tim-tim level atas Asia, setidaknya jika melihat peringkat FIFA.

Indonesia berangkat menuju China dengan emosi tinggi setelah kecewa kepada hasil yang didapatkan di Bahrain satu pekan sebelumnya.

Jay Idzes dan kawan-kawan memandang dua laga tandang melawan Bahrain dan China sangat mungkin mendapatkan enam poin.

Dua tim itu masih jauh di atas Indonesia dalam peringkat FIFA, , namun secara permainan, dua tim tersebut sangat bisa diladeni Indonesia. Bahrain pada peringkat 76 dan China peringkat 91.

Setelah dua poin hilang saat melawan Dilmun's Warriors dan diwarnai aksi kontroversial wasit Ahmed Al Kaf, Indonesia menganggap tiga poin tak boleh lewat di Qingdao. 

Sebaliknya, tuan rumah China termotivasi besar untuk bangkit setelah tiga kali kalah berturut-turut.

Saking optimistisnya, Shin Tae-yong memprediksi tim asuhannya akan menang 2-0. Namun, strategi klasik kick and rush yang diterapkan China luput dari analisis pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin mungkin juga lupa bahwa meski China kalah tiga kali dan menjadi lumbung gol, mereka adalah tim yang pernah bermain dalam Piala Dunia 2002, sehingga potensi mereka bermain bagus tetap ada dan kebetulan hal itu terjadi saat melawan Indonesia.

Baca juga: China beri kekalahan pertama untuk Indonesia setelah menang 2-1

Strategi yang diterapkan pelatih Branko Ivankovic itu, kata Shin Tae-yong, menyebalkan.  Tapi, itulah yang membuahkan tiga poin pertama untuk China. 

Selain itu, strategi tersebut juga yang membuat Indonesia tak bisa berbuat banyak meski Merah Putih mendominasi pertandingan dengan 76 persen penguasaan bola.

Dilihat dari peluang gol, Indonesia juga unggul dengan 14 tembakan yang enam di antaranya tepat sasaran. Angka  ini adalah yang tertinggi dibandingkan tiga laga sebelumnya ketika menahan imbang Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Namun sayang peluang gol sebanyak itu  hanya satu yang berbuah gol karena Indonesia kesulitan menembus pertahanan berlapis China. Mereka terjebak dalam perangkap tuan rumah di Qingdao.

Lain hal, dua gol China juga tercipta akibat kesalahan Garuda sendiri setelah kurang konsentrasi dan fokus.

Gol pertama berasal dari Shayne Pattynama lengah dari gangguan lawan dalam menjaga bola yang akan keluar lapangan, yang kemudian dimanfaatkan Behram Abduweli.

Pada gol kedua yang diciptakan Zhang Yuning, Mees Hilgers tak awas dalam melakukan pressing kepada striker yang mirip Darwin Nunez itu.

Penjagaannya terlalu longgar sehingga Zhang menjadi finisher yang memanfaatkan serangan cepat timnya.

Baca juga: Ini bukan akhir dari segalanya, kata Shin Tae-yong
 

Copyright © ANTARA 2024