Untuk sasaran kegiatan ini, area parkir VVIP Room Terminal 3 Bandara Soetta sampai dengan Jalan P-2 arah Jakarta.
Tangerang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) melakukan sterilisasi atau pembersihan jalan raya menuju gerbang tol Jakarta sebagai rute perjalanan tamu delegasi negara undangan Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024—2029 pada hari Minggu (20/10).

Upaya sterilisasi rute perjalanan bagi tamu kenegaraan tersebut, kata Kasatlantas Kompol Bernard Bachtera Saragih di Tangerang, Jumat, sebagai bentuk pemberian pengamanan dan keselamatan lalu lintas dari benda-benda tajam seperti paku dan lain-lain.

"Dalam kegiatan ini, kami menggandeng Angkasa Pura Indonesia dengan hasil beberapa benda tajam seperti baut dan paku dapat diangkut, kemudian jalan raya di Bandara Soetta dinyatakan steril," kata Kompol Bernard Bachtera Saragih.

Dalam kegiatan itu, pihaknya melibatkan puluhan personel gabungan dengan mengerahkan kendaraan khusus untuk membersihkan benda-benda tajam di seluruh jalan raya yang di kawasan Bandara Soetta.

"Untuk sasaran kegiatan ini, area parkir VVIP Room Terminal 3 Bandara Soetta sampai dengan Jalan P-2 arah Jakarta," katanya.

Upaya pengamanan ini, kata dia, merupakan implementasi dari arahan dan atensi dari Kapolresta Bandara Soetta terkait dengan antisipasi gangguan kamtibmas serta memperlancar arus lalu lintas.

Selain itu, kegiatan itu juga merupakan salah satu langkah Polri dalam mewujudkan kamtibmas kondusif menjelang pelantikan pada tanggal 20 Oktober 2024.

"Situasi kamtibmas dan arus penumpang serta kendaraan di Bandara Soetta hingga saat ini berlangsung aman kondusif," kata dia.

Baca juga: 147 personel Polri lakukan pengamanan tamu negara pelantikan Presiden
Baca juga: Polri waspadai aksi massa saat acara pelantikan presiden-wapres


Hingga saat ini baru terdapat satu negara undangan yang telah tiba ke Tanah Air, yakni Germany. Tamu VVIP dari delegasi perwakilan negara ini tiba ke Indonesia melalui Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 16.10 WIB.

Rencana kedatangan tamu undangan dalam rangkaian Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI melalui Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari Sabtu (19/10), di antaranya Rusia diwakili oleh Wakil Perdana Menteri sampai pukul 06.35 WIB, Laos diwakili oleh PDR pada pukul 11.35 WIB, dan Vietnam pada pukul 13.00 WIB.

Disusul oleh Vanuatu pukul 13.15 WIB, Brunai Darussalam pukul 15.00 WIB, Timor Leste pukul 15.40 WIB, Serbia pukul 15.40 WIB, China pukul 16.30 WIB, Kamboja pukul 17.30 WIB, New Zealand pukul 17.55 WIB, Solomon Islands pukul 19.00 WIB, Filipina pukul 19.45 WIB, Republik of Korea pukul 20.05 WIB, dan Singapura tiba pukul 07.05 WIB pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah sebelumnya mengungkapkan bahwa kehadiran 35 tamu kenegaraan itu untuk menghadiri acara Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI masih dalam proses konfirmasi.

Dengan demikian, dia masih belum bisa mengonfirmasi kepala negara atau kepala pemerintahan yang akan menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024—2029.

Pada acara pelantikan itu pada hari Minggu (20/10) diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 1.100 orang.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024