Batam (ANTARA) - Anggota TNI-Polri dari Koramil 01 Tanjung Balai Karimun dan Polsek Balai Karimun, Kepulauan Riau, bersama warga sekitar bergotong royong membersihkan lingkungan Kabupaten Karimun dari sampah dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Kapolsek Balai Karimun AKP Melki Sihombing dikonfirmasi di Batam, Jumat, mengatakan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TNI-Polri terhadap lingkungan, serta meningkatkan peran aktif masyarakat tanggap terhadap kebersihan lingkungan.

“Sesuai arahan Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa, gotong royong ini dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kebersihan lingkungan,” kata Melki.

Kegiatan gotong royong yang melibatkan unsur pemerintah daerah ini dipusatkan di tempat pembuangan sampah (TPS) di Kecamatan Balai Karimun, sekitar Coastal Area, yang merupakan kawasan pinggiran pantai Kabupaten Karimun yang menjadi salah satu destinasi wisata.

Baca juga: Petugas gabungan gelar aksi bersihkan sampah di pantai Pesisir Barat

Di lokasi tersebut terdapat sampah yang menumpuk yang merusak pemandangan dan kebersihan lingkungan sekitar kawasan Costal Area Karimun.

Gotong royong dilaksanakan secara manual, masyarakat bersama anggota TNI-Polri membawa pengki atau serokan, sapu dan alat tradisional lainnya, bahu membahu membersihkan sampah yang berserakan dan menumpuk di kawasan tersebut.

Satu unit loader serta 2 unit truk sampah disiapkan untuk mengangkut sampah di TPS tersebut, selanjutnya dibawa ke TPA Sememal Kecamatan Meral Barat. Sebanyak 6 trip sampah diangkut dari lokasi ke TPA.

Baca juga: TNI-Polri gelar aksi bersih sampah di lokasi WSL Krui Pro 2024

Melki menambahkan, gotong royong ini juga wujud dari kebersamaan dan kepedulian TNI-Polri sebagai abdi negara ikut berperan aktif di tengah masyarakat membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat, khusus masalah sampah.

“Gotong royong ini tidak hanya menjalin kedekatan antara Polsek dan warga, tetapi juga membangun sinergi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan aman,” katanya.

Danramil 01 Tanjung Balai Karimun diwakili Danposramil Kecamatan Karimun Peltu Frenki Tampubolon mengerahkan sejumlah personel untuk membantu membersihkan tumpukan sampah.

Baca juga: Peduli lingkungan, polisi Madiun bersihkan sampah pasar

“Harapan kami masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan karena selain merusak pemandangan, menimbulkan pencemaran lingkungan dari bau dan air lindi sampah yang ditimbulkan, yang berpotensi menimbulkan penyakit,” kata dia.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024