Per September 2024, progres konstruksi tol ini telah mencapai kisaran angka 30 persen
Pekanbaru (ANTARA) - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) menyampaikan progres pembangunan Jalan
Lingkar Pekanbaru yang menghubungkan tiga gerbang tol sepanjang 30,57 kilometer sudah mencapai 30 persen sejak dikerjakan pada Juni 2023.
 
"Per September 2024, progres konstruksi tol ini telah mencapai kisaran angka 30 persen,” ujar Direktur Operasi III HKI Aditya Novendra Jaya dalam pernyataannya di Pekanbaru, Jumat.
 
Pihaknya terus melanjutkan pengerjaan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang termasuk Ruas Rengat-Pekanbaru tersebut. Proyek itu ditargetkan rampung pada tahun 2026.
 
Lebih lanjut, Aditya menyampaikan bahwa Jalan Tol Lingkar Pekanbaru dirancang memiliki masing-masing tiga Gerbang Tol (GT) dan Interchange (IC). Ketiga GT dan IC Rimbo Panjang, Siak, serta Bypass Pekanbaru.
 
GT dan IC Rimbo Panjang adalah akses utama masyarakat keluar dan masuk Tol Lingkar Pekanbaru. Sementara GT dan IC Siak menjadi akses awal daerah Sri Meranti untuk keluar masuk Tol Lingkar Pekanbaru, serta GT dan IC Bypass Pekanbaru adalah akses awal masyarakat Muara Fajar menuju Tol Lingkar Pekanbaru.
 
Pada tol ini, terdapat juga satu "Junction" yaitu Junction Rimbo atau Junction Pekanbaru yang nantinya menghubungkan Tol Pekanbaru–Bangkinang dengan Tol Lingkar Pekanbaru.

Baca juga: PT HKI selesaikan 10 titik "rest area" Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: Hutama Karya tuntaskan sisa 9 km Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang


Nantinya, masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya yang akan melewati Jalan Tol Pekanbaru–Bangkinang bisa menuju Jalan Tol Pekanbaru–Dumai atau sebaliknya tanpa harus keluar tol.
"Hal ini akan meningkatkan konektivitas langsung antar kota dan mempersingkat waktu tempuh,” imbuh Aditya.
 
Adapun jalan tol ini akan menghemat waktu tempuh dari keluar tol Bangkinang-Pekanbaru ke gerbang Tol Pekanbaru-Dumai. Semula perlu satu jam via jalan nasional menjadi 25 menit saja melalui Jalan Tol Lingkar Pekanbaru.
 
HKI, lanjutnya, juga akan membangun sepasang "Rest Area" dengan luas total 12 hektare yang saat ini masih dalam proses perencanaan konstruksi dan rencananya dibangun pada tahun 2025.

Rest area ini terletak 5 km dari Gerbang Tol Siak dengan rencana bangun mengadaptasi corak budaya lokal khas Riau dengan berbagai fasilitas.
 
Sebagai informasi, lingkup pekerjaan HKI pada proyek Jalan Tol Lingkar Pekanbaru ini yakni badan jalan tol, tiga jembatan sungai, satu pasang rest area, kantor tol, serta tiga gerbang tol.

Selain itu, jalan tol ini juga direncanakan memiliki lebar jalur 3,6 meter serta jumlah lajur 2x2 pada tahap awal dan 2x3 pada tahap akhir dengan kecepatan 100 km/jam.

Baca juga: Siap-siap, Tol Seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar segera bertarif

Baca juga: Presiden resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024