Denpasar (ANTARA) - Basarnas Bali menemukan jasad Warga Negara Asing (WNA) asal Australia yang hanyut di Pantai Balian, Kabupaten Tabanan, setelah dua malam pencarian.

“Korban WNA Australia yang terseret ombak di Pantai Balian, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, ditemukan terdampar di Pantai Secret Bay dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kepala Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan WNA tersebut ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di perairan dengan jarak sekitar 1 kilometer ke arah barat dari lokasi kejadian.

Baca juga: Tim SAR temukan jasad wisatawan korban terbawa ombak di Pangandaran

Diketahui sebelumnya perempuan bernama Laidley Craig Stewart (56) asal Australia itu terseret ombak di Pantai Balian, pada Rabu (16/10).

Informasi pertama kali diperoleh dari Kapolsek Selemedeg Barat sekitar pukul 19.40 Wita, dan akhirnya Basarnas Bali menurunkan 10 personel dengan pembagian SRU darat dan laut.

Sidakarya mengatakan malam itu ombak ekstrem membuat tim terkendala saat turun ke laut sehingga pencarian diteruskan pada Kamis (17/10) kemarin.

Baca juga: SAR gabungan temukan jasad wisatawan tersapu ombak

Selama sehari tim SAR gabungan melakukan penyisiran di laut dengan menggunakan perahu karet dan SRU lainnya melaksanakan penyisiran di sepanjang pantai.

“Penyisiran dilaksanakan dengan metode pararel search dan luas areanya kurang lebih 6 Nm2, dari arah timur ke barat dari lokasi korban tenggelam,” ujar Sidakarya.

Akhirnya pada Jumat pagi WNA Australia itu ditemukan, kemudian dievakuasi menuju Puskesmas Selemadeg Barat dengan menggunakan ambulans Bhuana Bali Rescue.

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan jasad warga Malaysia terseret ombak di Bali

Selama operasi SAR berlangsung Basarnas Bali turut dibantu Polsek Selemadeg Barat, Polair Res Tabanan, Puskesmas Keliling Selemadeg Barat, Bhuana Bali Rescue, dan masyarakat setempat.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024