Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Hasan Busyairi menekankan pemerintah perlu mengoptimalkan penanganan stunting di daerah ini.

"Penanganan stunting menjadi program strategis pemerintah kota harus dimulai dari skala kecil," kata Hasan di Palangka Raya, Jumat.

Menurut dia, penanganan stunting dari skala kecil dapat dilakukan mulai dari meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah stunting pada generasi mendatang.

Selain itu, juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan menerapkan pola makan seimbang yang diyakini dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi angka stunting di Kota Palangka Raya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya tingkatkan kolaborasi dalam penanganan stunting

"Menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi dengan konsep empat sehat lima sempurna diyakini dapat mencegah dari stunting atau gizi buruk," ucapnya.

Hasan juga menekankan pentingnya peran pemerintah dalam penanganan stunting sebagai upaya preventif untuk menjaga kesehatan generasi muda dan memastikan pertumbuhan anak-anak optimal.

Untuk itu, para kader posyandu diharapkan dapat terus aktif di masyarakat guna memberikan penyuluhan mengenai pentingnya asupan gizi yang cukup bagi calon ibu dan anak.

Baca juga: Palangka Raya percepatan konvergensi pencegahan-penurunan stunting

"Dengan pendekatan yang konsisten dan berkelanjutan, diharapkan Kota Palangka Raya dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak," ujarnya.

Legislator Kota Palangka Raya ini mengimbau seluruh masyarakat di daerah ini agar dapat rutin dan rajin memeriksakan kesehatan serta perkembangan anak-anak-anak mereka ke fasilitas kesehatan terdekat.

Langkah ini penting guna memastikan apakah asupan gizi anak telah tercukupi sehingga mereka dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan generasi emas di masa depan.

Baca juga: UMPR-BKKBN Kalteng kolaborasi penanganan stunting

"Kita berharap mereka bisa menjadi generasi emas yang akan mengambil alih posisi kita seperti dalam pemerintahan di masa depan," demikian Hasan.

Pewarta: Adi Wibowo/Rajib Rizali
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024