"Untuk wilayah Bandara Soetta, kami menyiapkan jumlah pengamanan sebanyak 147 personel,"
Tangerang (ANTARA) - Sebanyak 147 personel Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Polda Metro Jaya, mulai melakukan pengamanan rute yang dilalui tamu VVIP dari delegasi negara undangan pelantikan Presiden terpilih pada Minggu (20/10) mendatang.

Wakapolresta Bandara Soekarno-Hatta, AKBP Ronald FC Sipayung kepada ANTARA di Tangerang, Jumat menyampaikan bahwa dalam pengamanan tamu VVIP itu dilakukan dengan seluruh otoritas keamanan bandara setempat.

"Untuk wilayah Bandara Soetta, kami menyiapkan jumlah pengamanan sebanyak 147 personel," ucapnya.

Ronald mengatakan, tahapan pengamanan protokoler kenegaraan tersebut akan dilakukan oleh pihaknya selama lima hari ke depan yang terhitung sejak Jumat ini.

"Terhitung mulai kedatangan hari ini Jumat sampai dengan kepulangan di pada hari Selasa (22/10)," ujar dia.

Sementara itu, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) selaku pengelola utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, telah menyiapkan sejumlah fasilitas VVIP untuk menyambut kedatangan para delegasi dan tamu negara perwakilan.

"AP Indonesia cabang Bandara Soekarno-Hatta siap mendukung mensukseskan acara penyambutan tamu-tamu kenegaraan," kata Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, M. Holik Muardi.

Dia menyebutkan, untuk fokus utama dalam menyiapkan fasilitas di Bandara Soetta yakni aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan selama menyambut kunjungan para pemimpin atau perwakilan dari masing-masing delegasi negara.

Holik juga mengaku, persiapan yang dilakukan pihaknya untuk saat ini tidak terlalu signifikan, begitu pula dalam menerjunkan personel. Pasalnya, secara keseluruhan akan ditangani oleh negara melalui pasukan pengamanan VVIP.

Diketahui, hingga saat ini baru terdapat satu negara undangan yang telah tiba ke Tanah Air yakni Germany. Tamu VVIP dari delegasi perwakilan negara ini tiba ke Indonesia melalui Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 16.10 WIB.

Adapun untuk rencana kedatangan tamu undangan rangkaian Pelantikan Presiden dan Wapres RI Tahun 2024, melalui Terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta terbesar pada Sabtu tanggal 19 Oktober diantaranya yakni seperti Rusia diwakili oleh (Wakil Perdana Menteri), dengan sampai pada pukul 06.35 WIB, Laos diwakili oleh PDR pada pukul 11.35 WIB, Vietnam pukul 13.00 WIB.

Kemudian, disusul oleh Vanuatu pukul 13.15 WIB, Brunai Darussalam pukul 15.00 WIB, Timor Leste pukul 15.40 WIB, Serbia pukul 15.40 WIB, China pukul 16.30 WIB, Kamboja pukul 17.30 WIB, New Zealand pukul 17.55 WIB, Solomon Islands pukul 19.00 WIB, Philippines pukul 19.45 WIB, Republik Of Korea pukul 20.05 WIB dan Singapura tiba pukul 07.05 WIB pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah sebelumnya mengungkapkan bahwa kehadiran 35 tamu kenegaraan yang diundang untuk menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih masih dalam proses konfirmasi.

Dengan demikian, dia masih belum bisa mengonfirmasi kepala negara atau kepala pemerintahan yang akan menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pada acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Minggu tanggal 20 Oktober tersebut diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 1.100 orang.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024