Festival Pesona Senja merupakan bukti komitmen Pemkab Kaimana di bawah kepemimpinan Freddy Thie dan Hasbulla Furuada yang memiliki kerinduan untuk memajukan budaya daerah
Kaimana (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kaimana Papua Barat berupaya melestarikan budaya daerah dengan mengadakan Festival Pesona Senja Tahun 2024, yang digelar selama tiga hari 17-19 Oktober 2024.

Sekretaris Daerah Kaimana Donald Wakum di Kaimana Jumat mengatakan, Festival Pesona Senja 2024 akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi budaya, perlombaan, dan promosi hasil karya pelaku UMKM.

"Festival Pesona Senja merupakan bukti komitmen Pemkab Kaimana di bawah kepemimpinan Freddy Thie dan Hasbulla Furuada yang memiliki kerinduan untuk memajukan budaya daerah," katanya.

Ia menjelaskan, upaya pemerintah melestarikan budaya dengan Festival Pesona Senja diharapkan menjadi daya tarik wisata sekaligus mempromosikan ekonomi kreatif Kabupaten Kaimana yang dikenal dengan Kota Senja.

Pemkab Kaimana akan lebih rutin menyelenggarakan kegiatan budaya, dan akan ditetapkan secara tanggal dan bulan pelaksanaannya.

Dengan kegiatan budaya yang rutin dapat membantu agen perjalanan pariwisata dari luar Kaimana untuk merencanakan agenda untuk kunjungan wisata, serta bisa menjadwalkan berapa lama wisatawan dapat tinggal di Kaimana.

"Ini jadi sebuah komitmen yang diupayakan untuk terus dilakukan walaupun masih banyak hambatan, tantangan, dan keterbatasan untuk membuat Kaimana lebih dikenal di seluruh tanah Papua bahkan di Indonesia," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaimana Jafar Werfete menjelaskan, Festival Pesona Senja tadinya sudah diagendakan menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya, namun terhenti akibat pandemi COVID-19.

Mulai tahun ini Pemkab Kaimana berinisiatif melaksanakan kembali festival budaya tersebut, dan akan dijadikan kegiatan rutin tiap tahun.

"Kita berharap Festival Pesona Senja dapat memajukan kebudayaan sekaligus menggairahkan kembali ekonomi kreatif dan UMKM di Kabupaten Kaimana," ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat Yakobus Basongan memberikan apresiasi pada Pemkab Kaimana yang sudah menggagas pelaksanaan festival budaya Pesona Senja.

Menurutnya, jika Pemkab Kaimana mampu menggelar Festival Pesona Senja secara rutin dan konsisten selama tiga tahun berturut-turut hingga 2026, maka pagelaran budaya tersebut bisa masuk dalam daftar kharisma event nusantara (KEN).

"Festival ini jangan hanya digelar satu kali, usahakan konsisten tiga tahun berturut-turut. Potensi Kaimana ini cukup besar terutama kelautan. Mungkin bisa ada festival lainnya, seperti festival gemar makan ikan atau yang lainnya karena potensi perikanan Kaimana terbesar di Papua Barat," ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024