Jakarta (ANTARA) - Presiden Republik Federal Jerman ke-10 Christian Wulff dijadwalkan akan menghadiri pelantikan Presiden Republik Indonesia Terpilih Prabowo Subianto di Senayan, Jakarta, pada 20 Oktober 2024.

"Presiden Republik Federal Jerman yang ke-10 Christian Wulff akan menghadiri pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto," menurut keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, pada Jumat (18/10).

Wulff menjadi perwakilan negara Jerman yang dijadwalkan akan menghadiri upacara pelantikan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Terpilih Gibran Rakabuming Raka di Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, pada 20 Oktober 2024.

Selain rencana kunjungan tersebut, Wulff juga disebutkan pernah melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada Desember 2011, menjelang peringatan 60 tahun hubungan bilateral RI-Jerman.

Baca juga: Joe Biden kirim delegasi AS hadiri pelantikan Prabowo

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah sebelumnya mengungkapkan bahwa kehadiran 35 tamu kenegaraan yang diundang untuk menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih masih dalam proses konfirmasi.

Dengan demikian, dia masih belum bisa mengonfirmasi kepala negara atau kepala pemerintahan yang akan menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Konfirmasi masih berjalan terus, jadi kami nggak bisa berani ngomong dulu karena konfirmasi ini masih berjalan terus," kata Siti di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan bahwa proses konfirmasi itu masih dinamis, dan kemungkinan jumlah tamu kenegaraan yang akan hadir masih bisa berubah hingga Jumat malam. Menurut dia, kemungkinan jumlah tamu kenegaraan yang akan hadir baru dapat diketahui secara pasti pada Sabtu (19/10).

Adapun acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tersebut diperkirakan dihadiri oleh sekitar 1.100 orang, kata Siti menambahkan.

Baca juga: Istana: Tamu negara mulai datang pada Sabtu

Baca juga: MPR: Tamu kenegaraan dari ASEAN dipastikan hadiri pelantikan Prabowo

Pewarta: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024