Jakarta (ANTARA) - Dari sekian banyak tokoh yang diundang Presiden Terpilih Prabowo Subianto, nama Raffi Ahmad mungkin menjadi salah satu yang paling menjadi sorotan.

Raffi Ahmad dipanggil Prabowo ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Selasa (15/10). Pembawa acara berusia 37 tahun itu diisukan akan mengisi posisi pada salah satu pos kabinet Prabowo-Gibran, namun, belum diketahui jabatan apa yang akan diemban.

Raffi Ahmad

Raffi Farid Ahmad, kelahiran Bandung, Jawa Barat, pada 17 Februari 1987, dikenal sebagai artis yang serba bisa. Karier Raffi Ahmad pada bidang hiburan sangat beragam, mulai dari pembawa acara, aktor dan bahkan pengusaha.

Dia merupakan anak sulung dari pasangan Munawar Ahmad dan Amy Qanita. Raffi Ahmad memiliki dua adik perempuan Nisya Ahmad dan Syahnaz Sadiqah, yang juga berkarier di dunia hiburan.

Kehidupan pribadinya pun selalu menjadi sorotan publik, terutama setelah menikah dengan aktris dan pengusaha Nagita Slavina pada 17 Oktober 2014. Pasangan itu dikaruniai dua anak, Rafathar Malik Ahmad yang lahir pada 15 Agustus 2015, dan Rayyanza Malik Ahmad, lahir pada 26 November 2021.

Karier dunia hiburan

Raffi Ahmad mengawali karier di dunia hiburan pada tahun 2001 sebagai seorang aktor remaja. Peran-peran awalnya dalam sinetron seperti "Tunjuk Satu Bintang" dan "Senandung Masa Puber" membuat namanya mulai dikenal publik.

Dia mencapai puncak popularitas ketika menjadi pembawa acara di berbagai program televisi, seperti "Dahsyat" dan "Pesbukers". Karisma dan kemampuan improvisasi yang baik membuat dia menjadi salah satu presenter favorit di Indonesia.

Tidak hanya di dunia sinetron dan presenter, Raffi Ahmad juga terjun ke dunia perfilman. Beberapa film yang dibintanginya antara lain "Love is Cinta "(2007), "Me vs Mami" (2016), dan "Rafathar: The Movie" (2017).

Selain itu, Raffi juga mencoba dunia tarik suara dengan bergabung dalam grup vokal Bukan Bintang Biasa (BBB), yang dibentuk oleh Melly Goeslaw. Lagu-lagu BBB sempat menjadi hit di pertengahan tahun 2000-an.

Nama besar Raffi Ahmad pada dunia hiburan juga dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang dia kantongi, antara lain Presenter Musik dan Variety Show Favorit ajang Panasonic Gobel Awards pada 2013, 2014, 2015 dan 2017)​​​​​​; Selebriti Pria Terfavorit Insert Awards (2018); dan Program Digital Terfavorit untuk RANS Entertainment dari Indonesian Television Awards (2020).

Karier sebagai pengusaha

Selain sukses di dunia hiburan, Raffi Ahmad juga meraih kesuksesan pada dunia bisnis. Bersama sang istri, Nagita Slavina, dia mendirikan perusahaan media RANS Entertainment pada 2015.

RANS Entertainment awalnya berfokus pada konten video YouTube, namun, kini telah berkembang menjadi salah satu perusahaan bidang hiburan terkemuka di Indonesia dengan produksi konten yang beragam, mulai dari vlog, acara hiburan, hingga program reality show.

Popularitas RANS Entertainment di media digital membuat Raffi dan Nagita semakin dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Mereka bahkan merambah ke bidang bisnis lain, seperti kuliner, fesyen, dan olahraga.

Salah satu pencapaian besar Raffi di dunia bisnis adalah ketika dia membeli klub sepak bola Cilegon United pada 2021 dan mengubah namanya menjadi RANS Cilegon FC (kini RANS Nusantara FC), yang berlaga di Liga 2 Indonesia.

Selain dunia sepak bola, bisnis olahraga Raffi Ahmad juga merambah kepada olahraga basket. Dia diketahui memiliki klub Basket Rans Simba Bogor yang berlaga di IBL.

Kesuksesan Raffi Ahmad pada dunia bisnis dan hiburan juga membuat dia dijuluki "Sultan Andara", merujuk pada tempat tinggalnya di kawasan Andara, Depok, Jawa Barat.

Selain itu, kiprahnya pada dunia bisnis juga membuat dia diangkat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif periode 2024-2029 pada awal Oktober.

Nama besar sebagai pemengaruh

Dengan lebih dari 70 juta pengikut di media sosial seperti Instagram dan 20 juta pelanggan di YouTube, Raffi Ahmad juga dikenal sebagai salah satu influencer (pemengaruh) terbesar di Indonesia.

Aktivitasnya di media sosial, yang sering memperlihatkan kehidupan pribadinya, membuatnya semakin dekat dengan para penggemar. Dia kerap berbagi momen-momen keluarga, perjalanan bisnis, hingga kolaborasi dengan sesama selebritas.

Tak hanya itu, saat ini Raffi Ahmad seringkali membagikan kedekatannya dengan tokoh-tokoh politik pada lingkaran Prabowo Subianto. Saat masa kampanye, dia menjadi bagian dari tim pendukung kemenangan pasangan presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran.

Kehidupan pribadi Raffi yang terbuka, terutama melalui kanal YouTube RANS Entertainment, menambah daya tarik dan popularitasnya. Tidak hanya sekadar hiburan, ia juga menggunakan platformnya untuk berbagi cerita inspiratif, membangun citra pemerintah, dan mempromosikan produk-produk bisnisnya.

Kontroversi

Di balik kesuksesannya, Raffi Ahmad juga menghadapi beberapa tantangan dan kontroversi sepanjang kariernya. Pada 2013, dia sempat tersandung kasus narkoba dan ditahan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Namun, setelah menjalani proses hukum dan rehabilitasi, Raffi Ahmad kembali bangkit dan melanjutkan kariernya di dunia hiburan.

Insiden tersebut menjadi pelajaran berharga bagi Raffi dan membuat dia semakin berhati-hati dalam menjalani kehidupannya sebagai figur publik.

Baru-baru ini, gelar Doktor Honoris Causa yang dia terima dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand juga menimbulkan perdebatan karena kredibilitas lembaga tersebut. 

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024