"Hari ini, kami melakukan kunjungan kerja di Polres Pasangkayu, untuk monitoring dan pengawasan pasca-pengamanan Pemilu 2024 serta evaluasi kesiapan pengamanan Pilkada Serentak,"
Mamuju (ANTARA) - Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja di Polres Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka melakukan pemantauan pengamanan Pilkada Serentak 2024 di daerah itu.

"Hari ini, kami melakukan kunjungan kerja di Polres Pasangkayu, untuk monitoring dan pengawasan pasca-pengamanan Pemilu 2024 serta evaluasi kesiapan pengamanan Pilkada Serentak," kata Ketua Tim Kompolnas Pudji Hartanto Iskandar, di Pasangkayu, Jumat.

Beberapa fokus yang menjadi evaluasi Tim Kompolnas terhadap kesiapan Polres Pasangkayu dalam mengamankan Pilkada Serentak 2024, yakni evaluasi sarana dan prasarana (sarpras).

Pada evaluasi sarana dan prasarana tersebut, Tim Kompolnas meninjau kesiapan peralatan dan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung pengamanan pilkada, termasuk kendaraan, komunikasi, dan peralatan keamanan lainnya.

Kemudian, Tim Kompolnas juga melakukan evaluasi terhadap ketersediaan anggaran dan mekanisme operasional yang telah disiapkan oleh Polres Pasangkayu untuk mendukung pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak.

Selanjutnya, Tim Kompolnas juga mengumpulkan data dan informasi terkait SDM, sarpras, anggaran dan operasional di wilayah hukum Polres Pasangkayu untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif.

Pudji Hartanto berharap, Pilkada Serentak 2024 di Sulbar dapat berjalan dengan aman dan damai.

Ia menekankan pentingnya sinergi antara Polri, penyelenggara pemilu dan para pemangku kepentingan untuk menciptakan suasana kondusif di Sulbar, khususnya di Kabupaten Pasangkayu.

"Kami memberikan apresiasi atas pengamanan pemilu melalui Sandi Operasi Mantap Brata 2024 yang berjalan dengan aman dan lancar. Itu adalah berkat dari kehebatan Polri khususnya Polres Pasangkayu," terang Pudji Hartanto.

Sementara itu, Kapolres Pasangkayu Ajun Komisaris Besar Polisi Candra Kurnia Setiawan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan tim Kompolnas tersebut.

Kapolres berharap kunjungan Kompolnas itu dapat memberikan masukan dan rekomendasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesiapan Polres Pasangkayu dalam mengamankan Pilkada Serentak 2024.

Kunjungan kerja Kompolnas ke Polres Pasangkayu lanjutnya l, merupakan langkah penting dalam memastikan kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024.

"Evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh tim Kompolnas diharapkan dapat membantu Polres Pasangkayu dalam meminimalisir potensi kerawanan dan menciptakan suasana kondusif selama pelaksanaan Pilkada Serentak," kata Chandra Kurnia Setiawan.

Sebelumnya, Tim Kompolnas juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kesiapan pengamanan Pilkada Serentak di Polres Mamuju dan Mamuju Tengah.

Pewarta: Amirullah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024