Kita harus mengakui masih kerap terjadi insiden kekerasan yang menimpa warga sipil
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan bahwa menjaga situasi aman dan kondusif di daerah rawan seperti Papua tetap harus menjadi prioritas.

Wapres tidak memungkiri bahwa masalah keamanan di wilayah Papua menjadi salah satu pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

"Kita harus mengakui masih kerap terjadi insiden kekerasan yang menimpa warga sipil," ungkap Wapres dalam arahannya terkait percepatan pembangunan dan otonomi khusus Papua di Istana Wapres, Jakarta, Jumat.

Namun, ia mengapresiasi kepada aparat keamanan dan penegak hukum yang mengambil langkah cepat untuk mengatasi berbagai insiden yang terjadi.

"Saya berharap bahwa keadaan ini akan segera dapat terselesaikan semuanya bisa kembali dan kepada saudara-saudara kita yang masih belum bergabung saya harapkan kita bisa hidup bersama, saling membantu bersama-sama membangun Papua lebih baik ke depan," ucap Wapres.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin ingatkan pentingnya koordinasi dalam kabinet

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin sampaikan terima kasih kepada wartawan


Lebih lanjut, Wapres mengatakan bahwa sejak diamanatkan sebagai Ketua Badan Pengarah Papua pada 2021, dia langsung "tancap gas" memimpin sejumlah rapat koordinasi dan melakukan kunjungan langsung ke Papua.

"Saya menyaksikan banyak perubahan positif, termasuk pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana serta pelayanan publik di empat daerah otonom baru. Tentunya, ini hasil kerja keras dan kolaborasi dari semua pihak," ucap Wapres.

Oleh sebab itu, ia mengharapkan agar kebijakan percepatan pembangunan kesejahteraan Papua harus terus berkesinambungan dengan komitmen kuat dari seluruh komponen, baik di pusat maupun juga di daerah.

"Kita harus membangun Papua dengan semangat kebersamaan, mengingat Papua adalah bagian tak terpisahkan dari keberagaman dan kesatuan Indonesia," tuturnya.

Menurut Wapres, kepemimpinan lokal yang kuat, profesional, dan berintegritas sangat dibutuhkan untuk kemajuan Papua, terlebih lagi dengan akan dilaksanakannya pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada November 2024.

"Siapa pun yang terpilih nanti, utamakanlah kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Ini saya harap siapa saja yang terpilih nanti," ujar Wapres.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024