Jakarta (ANTARA) - Melanjutkan pendidikan di luar negeri merupakan impian mahasiswa di seluruh dunia. Salah satu cara untuk mewujudkan impian tersebut adalah melalui beasiswa.

Berbagai institusi baik lembaga kampus, pemerintah, dan organisasi menawarkan beasiswa yang dapat membantu membiayai pendidikan.

Dengan beasiswa mahasiswa akan meraih berbagai keuntungan, seperti peluang karir yang lebih luas, daya tarik CV yang meningkat dan kesempatan untuk magang atau bekerja di perusahaan impian.

Saat ini, terdapat banyak penyedia yang menawarkan beasiswa untuk studi di luar negeri. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengakses pendidikan berkualitas di negara yang dituju, tanpa harus khawatir tentang biaya yang tinggi.

Dengan berbagai pilihan yang tersedia, mahasiswa dapat menemukan program yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka, baik itu di jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Jika Anda sedang mencari beasiswa untuk kuliah di luar negeri di jenjang S1, S2 atau S3? Berikut informasi daftar penyedia beasiswa.

Penyedia beasiswa Internasional untuk kuliah di luar negeri

1. Fulbright Foreign Student Programme, Amerika

Beasiswa ini merupakan program yang menyediakan kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi sarjana maupun pascasarjana di berbagai universitas di AS. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hubungan antar budaya melalui pertukaran pendidikan.

2. Rotary Peace Fellowship

Beasiswa ini merupakan program yang ditawarkan oleh Rotary International untuk mendukung studi yang ingin mengejar gelar master (S2) di bidang perdamaian dan resolusi konflik.

Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada para profesional dan calon pemimpin untuk belajar di universitas terkemuka di seluruh dunia. Program ini mencakup biaya kuliah, akomodasi, dan perjalanan.

Beberapa universitas yang turut berpartisipasi dalam beasiswa, di antaranya:

Duke University, Amerika
University of North Carolina at Chapel Hill, Amerika
International Christian University, Jepang
University of Bradford, Inggris
University of Queensland, Australia
Uppsala University, Swedia

3. Chevening Scholarships, Inggris

Beasiswa ini merupakan program yang disediakan oleh pemerintah Inggris untuk mendukung mahasiswa internasional.

Program ini menawarkan kesempatan bagi para penerima beasiswa untuk melanjutkan studi di universitas terkemuka di Inggris, mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup, dan biaya perjalanan. Beasiswa ini bertujuan untuk menciptakan pemimpin masa depan yang memiliki jaringan global dan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu internasional.

4. Australia Awards Scholarships (AAS)

Beasiswa ini merupakan program yang ditawarkan oleh pemerintah Australia untuk mendukung mahasiswa internasional dari negara berkembang. Program ini memberikan kesempatan bagi penerima untuk melanjutkan studi untuk jenjang S2 dan S3 di universitas Australia, mencakup biaya pendidikan, tunjangan hidup, dan biaya perjalanan. Beasiswa ini bertujuan untuk membangun keterampilan dan pengetahuan yang dapat berkontribusi pada pembangunan di negara asal penerima.

5. Monbukagakusho / MEXT Scholarship

Beasiswa MEXT Scholarship ditawarkan oleh pemerintah Jepang untuk pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Jepang. Meskipun tidak perlu mahir berbahasa Jepang untuk mendaftar, disarankan untuk memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa Jepang. Terdapat tiga jenis beasiswa MEXT, yaitu Undergraduate (Gakubu), Specialized Training College (Senshu), dan College of Technology (Kosen), masing-masing dengan fokus dan durasi studi yang berbeda.

Setiap penyedia beasiswa memiliki persyaratan pendaftaran yang akan berbeda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi masing-masing penyedia beasiswa tersebut, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai cara pendaftaran, dokumen yang diperlukan, serta tenggat waktu yang harus dipatuhi.

Baca juga: PTPN IV luncurkan beasiswa Palmco dan peluang kerja di perusahaan

Baca juga: Sebanyak 2.140 murid SD-SMP di Padang terima beasiswa Baznas

Baca juga: Kado Hari Santri, Baznas luncurkan beasiswa bagi 10 ribu santri

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024