mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat dalam memelihara dan merawat kota khususnya di Jakarta Pusat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat merampungkan kegiatan bersih-bersih di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin hingga area masuk pintu Gedung DPR/MPR pada hari ini menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
 
"Hari ini rangkaian bersih-bersih terakhir yang dilakukan oleh jajaran Pemkot Jakarta Pusat untuk mempersiapkan prosesi menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: MPR gelar gladi kotor jelang pelantikan Presiden dan Wapres
 
Dhany menyebut bersih-bersih kali ini Pemkot Jakarta Pusat mengerahkan pasukan warna-warni yang dibantu oleh pihak MRT dan LRT.
 
Pasukan tersebut terdiri dari personel Suku Dinas Lingkungan Hidup (pasukan oranye), Suku Dinas Bina Marga (biru), Suku Dinas Sumber Daya Air (kuning), Suku Dinas Pertamanan dan Huta Kota (hijau), Suku Dinas Sosial (ungu), dan lainnya.
 
Meskipun kegiatan pemeliharaan kota ini rutin dilakukan oleh Pemkot Jakarta Pusat namun dalam rangka pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih kegiatan serupa lebih digencarkan. Hingga saat ini, kegiatan bersih-bersih sudah berjalan selama empat minggu.

Baca juga: Istana: Tamu negara mulai datang pada Sabtu
 
Dhany juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat dalam memelihara dan merawat kota khususnya di Jakarta Pusat.
 
"Saya ingin menyampaikan pesan, bahwa merawat kota ini harus dengan kebersamaan, tanpa memandang warna pakaiannya. Kita ingin kota ini lebih dicintai," ucap Dhany.
 
Selain di Jalan Medan Merdeka Barat, bersih-bersih juga dilakukan di trotoar dan fasilitas umum mulai dari Gedung Balai Sidang hingga pintu masuk DPR/MPR yang merupakan jalur perlintasan presiden dan wakil presiden terpilih.
 
Adapun presiden terpilih nantinya akan melintas mulai dari Kertanegara melewati Patung Pemuda hingga jalur-jalur yang sedang dilakukan pembersihan sekarang.

Baca juga: Istana siapkan skenario kepulangan Jokowi ke Solo via darat dan udara
 
"Setelah pelantikan juga akan ada pesta demokrasi, akan disiapkan sembilan titik panggung hiburan pada wilayah Jakarta Pusat," ucap Dhany.
 
Lalu, untuk kegiatan bersih-bersih di Jalan Sudirman-Thamrin meliputi pembersihan trotoar, kanstin, gorong-gorong, taman, tali air, jalur Transjakarta, dan saluran air. Sebanyak 200 personel jajaran Pemkot Jakarta Pusat termasuk personel pemadam kebakaran turut terlibat.
 
Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10).
 
Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden 2014-2019 dan 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024