Kami datang ke sini untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam penanganan tawuran karena ini menyangkut masa depan anak-anak sehingga jangan sampai terlibat aksi pidana
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Pademangan Polres Metro Jakarta Utara mengajak orang tua mencegah tawuran dan aksi pidana anak-anaknya dengan secara aktif melakukan pengawasan.

"Aksi tawuran marak terjadi dan perlu dilakukan upaya pencegahan yakni orang tua untuk ikut melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya," kata Kapolsek Pademangan Kompol Binsar Hatorangan Sianturi saat Deklarasi Anti Tawuran di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kasus pengeroyokan di Kamal Muara bukan konflik antarsuku

Ia mengatakan hari ini jajaran Polsek Pademangan hadir di rumah belajar Kampung Muka Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan Jakarta Utara melalui program Jumat Curhat dan Jumat Berkah.

"Kami datang ke sini untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam penanganan tawuran karena ini menyangkut masa depan anak-anak sehingga jangan sampai terlibat aksi pidana," kata dia.

Selain itu dirinya juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan keamanan lingkungan dengan secara rutin menggelar ronda malam atau siskamling sehingga meminimalkan terjadinya aksi pencurian dan lainnya.

Baca juga: Kapolres Jakut makan siang bersama warga Pluit

"Bagi yang memiliki kendaraan agar tidak sembarangan parkir dan menggunakan kunci ganda," kata dia.

Apalagi dalam menghadapi Pilkada, dirinya meminta warga menahan diri dari aksi yang dapat menyebabkan permusuhan karena perbedaan pilihan politik.

"Pilkada ini merupakan pesta demokrasi dan mari kita sukseskan bersama agar pelaksanaan pemilu berjalan aman dan kondusif," kata dia.

Ia mengatakan selain melakukan edukasi dan sosialisasi terkait antisipasi pencegahan tawuran, Polsek Pademangan juga mendengarkan aspirasi dari masyarakat secara langsung melalui program Jumat Curhat.

"Program ini bertujuan memberikan ruang bagi masyarakat untuk curhat terkait situasi keamanan ketertiban masyarakat setempat," kata dia

Kemudian Polsek Pademangan menyalurkan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat setempat berupa 50 karung beras kemasan lima kilogram dan mi instan kepada masyarakat.

Baca juga: Kerugian akibat dua kapal terbakar di Jakarta Utara capai Rp2 miliar

"Kegiatan Jumat Curhat bertujuan mendengar dan memberikan solusi permasalahan warga terkait kamtibmas dan Jumat berkah bertujuan memberikan bantuan kepada warga yang kurang mampu," kata dia.

Ketua Rumah Belajar Kampung Muka Ancol, Ustadz Heri mengucapkan terima kasih kehadiran Polsek Pademangan yang memberikan informasi dan bantuan kepada warga.

"Kami akan berupaya ikut menjaga kamtibmas dan terlibat dalam upaya mencegah aksi tawuran di daerah ini," kata dia

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024