Brasilia (ANTARA News) - Brasil berhasil menjadi juara Grup A Piala Dunia 2014 setelah menang besar, 4-1, atas Kamerun di Estadio Nacional Brasilia, Selasa pagi WIB.

Hasil tersebut membuat Brasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup A dengan mengoleksi tujuh poin.

Meskipun jumlah poin mereka sama dengan Meksiko, yang di waktu bersamaan menang 3-1 atas Kroasia di Recife, namun Selecao unggul dalam produktivitas yakni memiliki selisih lima gol sedangkan Tri Colore hanya tiga.

Pada babak 16 besar Brasil akan menghadapi Chile yang menempati peringkat dua klasemen akhir Grup B, sedangkan Meksiko meladeni juara Grup B, Belanda.

Penyerang bintang Barcelona, Neymar Jr, menyumbang dwigol dalam kemenangan Brasil tersebut yang dicetak pada menit 17 dan 35.

Pencetak tiga gol lainnya bagi Brasil adalah Fred dan Fernandinho, masing-masing pada menit 49 dan 86.

Sedangkan Kamerun sempat membalas pada menit 26 lewat gelandang Joel Matip.

Jalannya pertandingan

Sejak awal laga, Brasil berusaha untuk membongkar pertahanan Kamerun, namun gol baru tercipta pada menit 17 lewat kaki Neymar.

Gol itu berawal dari akselerasi Marcelo di sayap kiri, yang segera mengirimkan bola ke dalam kotak penalti, Neymar meski tidak sendirian namun memiliki ruang cukup terbuka untuk menendang bola dengan kaki kanannya dan menaklukkan penjaga gawang Charles Itandje.

Kamerun yang tampil lepas tanpa beban juga turut menebarkan ancaman ke gawang Brasil, terutama di babak pertama, yang membuahkan hasil gol penyama kedudukan pada menit 26 oleh gelandang Joel Matip.

Skema umpan tarik dari sisi kanan pertahanan yang hampir serupa dengan gol Brasil juga mengawali gol Kamerun, namun bek sisi Allan Nyom sedikit lebih menusuk dan mengirimkan bola umpan kepada Matip saat sudah sedikit melewati garis kotak penalti.

Matip yang berdiri tanpa kawalan menceploskan bola mudah ke gawang Julio Cesar, yang fokus pandangannya lebih ke pergerakan Nyom.

Disamakan, Brasil bertekad meraih hasil positif yang meyakinkan untuk modal mereka menghadapi babak 16 besar.

Upaya mereka kembali menghancurkan pertahanan Kamerun pada menit 35 membuahkan hasil, sekali lagi lewat Neymar.

Pergerakan mengagumkan Neymar yang mencoba menusuk dari sayap kiri merangsek melewati beberapa pemain bertahan Kamerun, sebelum melepaskan tendangan keras tak lama setelah melewati garis kotak penalti area tengah pertahanan Kamerun.

Kedudukan 2-1 bertahan hingga turun minum meski kedua tim tidak menurunkan tensi permainan mereka.

Memasuki babak kedua, pelatih Luiz Felipe Scolari menarik Paulinho untuk digantikan Fernandinho, yang sempat unjuk gigi meski gagal di menit awal babak kedua.

Akan tetapi Fred, segera memperbesar keunggulan Brasil menjadi 3-1 pada menit 49, setelah ia menyundul mudah bola matang umpan dari David Luiz yang mengirim dari sisi kanan pertahanan Kamerun.

Memiliki keunggulan dengan selisih dua gol, tak membuat serangan Brasil surut, mereka kembali memperbesar jarak lewat pemain pengganti Fernandinho pada menit 84.

Gol tersebut merupakan gol terakhir di laga itu yang berakhir dengan kedudukan 4-1 bagi kemenangan Brasil atas Kamerun.

Berikut susunan lengkap pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.

Kamerun

Charles Itandje (PG), Nikolas Nkoulou (K), Alan Nyom, Henri Bedimo, Stephane Mbia, Joel Matip, Eyong Enoh, Landry Nguemo, Benjamin Moukandjo (Edgar Salli), Vincent Aboubakar (Pierre Webo), Eric Choupo-Moting (Jean Il Makoun)

Brasil

Julio Cesar (PG), Dani Alves, Marcelo, Thiago Silva (K), David Luiz, Luis Gustavo, Paulinho (Fernandinho), Oscar, Hulk (Ramires), Neymar Jr (Willian), Fre.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014