Kabupaten Bekasi (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno berpamitan kepada warga Kabupaten Bekasi, Jawa Barat di sela menghadiri kegiatan lokakarya kota kreatif yang berlangsung di Graha Pariwisata, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Kehadiran dirinya menjadi yang terakhir menjelang akhir masa jabatan sebagai menteri pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2024.

"Ini kunjungan terakhir di Jawa Barat, di Kabupaten Bekasi. Hatur nuhun pisan atas kerja sama lima tahun ini. Mohon maaf atas khilaf dan semoga di pemerintahan Pak Prabowo nanti Kemenparekraf semakin jaya untuk Jabar juara dan untuk Kabupaten Bekasi," kata Sandiaga Uno di Cikarang, Jumat.

Baca juga: Pemerintah siapkan dua skenario wacana perombakan Kemenparekraf

Dia mengatakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sudah berkembang hingga menjadi tulang punggung bagi penciptaan lapangan pekerjaan di Indonesia selama lima tahun mengemban tugas memimpin kementerian tersebut.

Sandiaga juga mengaku bersyukur selama menjadi menteri dapat terus fokus mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Bersyukur, bersyukur dan bersyukur, karena wisata kita sudah jadi tulang punggung dalam menciptakan lapangan kerja. Dan ekonomi kreatif jadi nilai tambah sehingga banyak dampak ekonomi kepada masyarakat," katanya.

Saat ditanya awak media perihal dirinya yang tidak dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto di kediaman Kertanegara IV, Jakarta Selatan untuk mengikuti pembekalan calon anggota kabinet baru, Sandiaga hanya tersenyum dan merespons dengan canda.

"Saya dipanggil di Kabupaten Bekasi ini," katanya.​​​​​​​

Sandiaga Uno juga mengaku sejak pekan lalu sudah mulai mengemas dan merapikan barang-barang di rumah dinas dan kantor Kemenparekraf RI.

"Minggu lalu rumah dinas, kantor minggu ini, sudah siap untuk ditempati oleh menteri yang baru," ucapnya.​​​​​​​

Baca juga: Sandiaga persiapkan dokumen sikapi wacana peleburan Kemenparekraf

Sandiaga mendapatkan tugas untuk menjemput kepala negara dari beberapa negara sahabat yang hadir dalam prosesi pelantikan Presiden Indonesia terpilih periode 2024-2029.

"Yang ditugaskan saya untuk menjemput di bandara, penyambutan ini menambah khidmat acara pelantikan pada hari Minggu 20 Oktober 2024 besok," ucapnya.

Dirinya berpendapat sejumlah calon menteri baru pada pemerintahan Presiden Prabowo Subianto nanti sangat kompeten dan kredibel, terlebih para calon menteri dan wakil menteri itu sudah mendapatkan pembekalan terlebih dahulu.

"Top banget, keren banget, kompeten, kredibel, kapabel dan juga ada pembekalan. Mereka bisa dengan dukungan semua dari daerah, pusat bisa membawa Indonesia emas 2045," kata dia.

Baca juga: Pemerintah sebut kinerja kunjungan wisatawan sesuai dengan rencana
Baca juga: Sandiaga Uno: penentuan menteri hak prerogatif Prabowo
​​​​​​​

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024