Jakarta (ANTARA) - Asosiasi sepak bola Inggris FA dikabarkan menghubungi terlebih dahulu pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti sebelum resmi menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih anyar Timnas Inggris.

Dikutip dari Football Espana, Jumat, mantan pemain Timnas Inggris Gary Lineker mengatakan selain Ancelotti, FA juga turut menghubungi pelatih Manchester City Pep Guardiola.

"Itu telah dikonfirmasi bahwa pada musim panas mereka (FA) telah berbicara dengan Pep Guardiola dan, sejauh yang saya tahu, juga dengan (Carlo) Ancelotti," ujar Lineker kepada media Spanyol Marca.

Diketahui sebelumnya, Carlo Ancelotti telah menolak tawaran untuk melatih Timnas Brasil dan memilih untuk memperpanjang kontrak dengan Real Madrid. Bukanlah sebuah kejutan jika pelatih asal Italia itu menunjukkan sedikit rasa tertarik untuk melatih Inggris.

Sebelum resmi menunjuk Thomas Tuchel sebagai pelatih anyar, beberapa nama pelatih berpengalaman dilaporkan dibidik oleh FA sebagai juru racik Harry Kane serta kolega.

FA bergerak cepat untuk mendapatkan pelatih anyar untuk Timnas Inggris setelah juru taktik sebelumnya Gareth Southgate memilih mengundurkan diri setelah gagal menjuarai Euro 2024 seusai dikalahkan Spanyol pada partai final.

Setelah sempat beberapa nama muncul dan dirumorkan tengah didekati oleh FA, pada akhirnya mereka resmi mengumumkan pelatih asal Jerman Thomas Tuchel sebagai pelatih anyar pada awal pekan ini.

Mantan pelatih Chelsea tersebut akan mulai bertugas melatih Inggris pada Januari tahun depan, sedangkan skuad The Three Lions masih akan dilatih oleh pelatih interim Lee Carsley pada ajang UEFA Nations League, November mendatang.

Baca juga: Profil Carlo Ancelotti, juru taktik legendaris namun pragmatis

Baca juga: Thomas Tuchel resmi tukangi Inggris mulai Januari 2025

Baca juga: FA ingin Tuchel bawa Inggris juarai Piala Dunia

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024