Jakarta (ANTARA) - Sejumlah bintang tenis, termasuk Alex de Minaur, Iga Swiatek, Coco Gauff, Alexander Zverev, Taylor Fritz, Stefanos Tsitsipas, Jasmine Paolini, akan menjadi bintang utama United Cup edisi ketiga.

Ajang beregu campuran tersebut akan digelar di Perth dan Sydney mulai 27 Desember hingga 5 Januari 2025.

Tujuh dari 10 petenis putri terbaik dunia dan enam dari 12 petenis putra terbaik akan mengikuti turnamen tersebut setelah peserta dari 16 negara teratas diumumkan.

Turnamen itu juga akan menampilkan bintang tenis generasi baru, termasuk Jack Draper, Tomas Machac, Flavio Cobolli, dan bintang baru Olivia Gadecki, petenis putri nomor 1 Australia.

Tim AS, yang dipimpin oleh juara US Open 2023 dan petenis peringkat tiga dunia Gauff, serta petenis peringkat enam dunia Fritz, yang merupakan finalis di US Open, ditetapkan sebagai unggulan teratas untuk ajang tahun 2025 itu.

"Sungguh luar biasa melihat tujuh dari 10 petenis putri terbaik dunia dan enam dari 12 petenis putra terbaik dunia mengikuti United Cup pada 2025, yang akan menjadi awal yang mendebarkan bagi musim panas tenis Australia di Perth dan Sydney," kata Direktur Turnamen United Cup Stephen Farrow, dikutip dari laman resmi WTA, Jumat.

"United Cup memegang posisi unik dalam tenis global, dengan petenis putra dan putri terbaik dunia mewakili negara mereka di level tertinggi."

Gauff, 20 tahun, yang menjadi pembawa bendera Amerika Serikat di Olimpiade Paris, akan melakoni debutnya di United Cup.

Juara Grand Slam lima kali dan petenis peringkat satu dunia Swiatek dan Hubert Hurkacz akan kembali untuk Tim Polandia sebagai unggulan kedua.

Duo populer Tsitsipas dan Maria Sakkari, keduanya mantan petenis peringkat tiga dunia, akan mewakili unggulan ketiga, tim Yunani.

Italia, unggulan keempat, akan dipandu oleh Paolini -- finalis Roland Garros dan Wimbledon tahun ini -- dan Cobolli.

Baca juga: Coco Gauff taklukkan Karolina untuk menjuarai China Open

Peraih medali emas tunggal putri Olimpiade Paris 2024 Zheng Qinwen dan Zhang Zhizhen akan menjadi bintang utama tim China

Inggris, yang dipimpin oleh debutan Jack Draper dan Katie Boulter, akan melengkapi enam negara unggulan teratas.

"16 tim teratas mencakup beberapa bintang tenis global, seperti Swiatek, Gauff, Zverev, Fritz, Tsitsipas, Paolini, Alex de Minaur dari Australia, dan masih banyak lagi yang semuanya telah berkomitmen untuk bermain dalam format tim campuran ini untuk menunjukkan kesetaraan tenis yang unik," ujar Farrow.

"Kami menantikan undian resmi Senin depan untuk menentukan di mana setiap negara akan bermain di Perth dan Sydney."

Sementara itu, Australia akan diwakili oleh De Minaur, Gadecki, Omar Jasika, Destanee Aiava, dan bintang ganda, peraih medali emas ganda Olimpiade dan petenis peringkat tujuh dunia Matt Ebden, serta petenis peringkat 13 dunia Ellen Perez.

"Saya sangat bersemangat untuk bermain; ini akan sangat menyenangkan. Saya memiliki beberapa kenangan indah tahun ini; di situlah saya berhasil masuk 10 besar untuk pertama kalinya. Setiap kesempatan yang didapatkan untuk mewakili Australia selalu sangat menyenangkan," kata De Minaur.

"Ini sesuatu yang cukup unik (United Cup). Anda tidak melakukannya terlalu sering; Anda memiliki dua tunggal dan ganda campuran. Ini sesuatu yang sangat berbeda bagi para penggemar -- sangat menyenangkan untuk ditonton dan menjadi bagian darinya -- dan saya tidak sabar untuk berkompetisi."

"Energi tim Australia selalu hebat. Kami saling mendukung; kami saling mendukung. Kami ada untuk satu sama lain. Di bangku cadangan selalu ada banyak teriakan, dan saya pikir itu akan mengeluarkan yang terbaik dari atlet Australia, karena berada dalam lingkungan tim," ujar De Minaur.

Peserta menonjol lainnya termasuk juara bertahan tim Jerman, yang diwakili oleh petenis peringkat tiga dunia Zverev dan Laura Siegemund, yang memimpin negara mereka meraih kemenangan dalam pertandingan ganda campuran yang menentukan pada 2024.

10 bintang teratas termasuk Elena Rybakina dari Kazakhstan, Casper Ruud dari Norwegia, Beatriz Haddad Maia dari Brasil, Felix Auger-Aliassime dan Leylah Fernandez dari Kanada, dan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Belinda Bencic dari Swiss, yang kembali ke tenis profesional setelah merayakan kelahiran putrinya.

Undian resmi akan diadakan pada Senin (21/10). Negara-negara akan diundi ke dalam enam grup yang masing-masing terdiri dari tiga negara.

Baca juga: Zverev bantu Jerman kalahkan Polandia untuk menangi United Cup

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024