Jakarta (ANTARA) - Politikus Ahmad Riza Patria kembali mencuri perhatian setelah dia mundur dari bursa Pilkada Tangsel.

Sosok Ahmad Riza Patria masuk daftar tokoh yang dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto ke Kertanegara IV, Jakarta, pada Selasa (15/10). Pertemuan itu diduga terkait pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran, menyusul kemenangan mereka pada Pilpres 2024.

Usai pertemuan, Ahmad Riza Patria mengungkapkan rasa syukurnya karena akan mendapat posisi di pemerintahan Prabowo-Gibran.
 
Pada pertemuan itu, dia menerima beberapa pesan terkait desa sehingga menimbulkan spekulasi bahwa dia akan ditunjuk sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).
 
Namun, ketika ditanya oleh awak media mengenai kemungkinan ditempatkan sebagai Wamendes PDTT, Riza Patria belum memberikan kepastian terkait posisi yang akan dipercayakan kepadanya. 
 
Profil dan sosok Ahmad Riza Patria
 
Ahmad Riza Patria, akrab disapa Ariza, lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969. Ayahnya Amidhan Shaberah adalah ulama dan tokoh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sejak remaja, Ariza aktif di berbagai organisasi, termasuk sebagai Ketua OSIS di SMA Islam Al-Azhar Jakarta.
 
Setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah, Ariza melanjutkan studi Teknik Sipil di ISTN Jakarta hingga 1997. Dia kemudian memperdalam ilmu manajemen dengan meraih gelar Master in Business Administration (MBA) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2008.
 
Sebelum terjun ke dunia politik, Ahmad Riza Patria memulai karier sebagai wirausaha. Dia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Gala Ariatama dan Kepala Perusahaan Ray White Casablanca.

Selain itu, pada tahun 2001, dia juga menjabat sebagai Komisaris PT Indoproperti Galaraytama.
 
Karier politik Riza Patria dimulai saat dia bergabung dengan Partai Gerindra. Dia terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dua periode.

Pada periode 2014-2019, dia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR, dan pada periode 2019-2024, dia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.
 
Puncak karier politik Riza Patria terjadi ketika dia terpilih sebagai Wakil Gubernur Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Selama masa jabatannya, Riza Patria aktif terlibat dalam penanganan berbagai isu penting, termasuk penanggulangan pandemi Covid-19, penataan kota, dan pembangunan infrastruktur di Jakarta.
 
Pada Pilkada 2024, Ahmad Riza Patria memutuskan untuk mundur dari kontestasi Pilkada Tangerang Selatan. Sebelumnya, dia berpasangan dengan komika Marshel Widianto sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan.
 
Namun, Riza Patria memilih untuk mundur dari pencalonan tersebut karena dirinya mendapatkan tugas baru. Ia mengungkapkan bahwa tugas khusus tersebut menjadi alasan untuk menarik diri dari Pilkada Tangerang Selatan.

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024