Jakarta (ANTARA) -
Panembahan Al Nahyan Nasution merupakan cucu ke empat Presiden Jokowi serta anak kedua dari pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.

Sosok Panembahan Al Nahyan yang menggemaskan, seringkali menjadi sorotan publik, terutama karena tingkah lakunya yang lucu dan seringkali viral di media sosial.

Kerap dipanggil Nahyan, dirinya juga sering terlihat di berbagai aktivitas sang kakek saat bertugas atau sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu untuk berlibur.

Nama yang diberikan oleh kedua orang tuanya pun juga terbilang unik dan penuh makna. Lantas, apakah nama tersebut memiliki makna tersendiri?

Berikut ini adalah profil dan penjelasan terkait arti nama Panembahan Al Nahyan Nasution, cucu ke empat Jokowi dari anak kedua Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.

Baca juga: Profil dan arti nama Panembahan Al Saud, cucu kelima Presiden Jokowi
 
Profil dan arti nama Panembahan Al Nahyan Nasution
 
Panembahan Al Nahyan Nasution lahir pada 3 Agustus 2020. Lokasi rumah sakit Al Nahyan dilahirkan sama seperti kakaknya, Sedah Mirah, yaitu di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta.
 
Anak kedua Bobby lahir dengan sehat dengan berat 3,4 kilogram dan tinggi 49,5 cm. Sang ibunda, Kahiyang melahirkan Al Nahyan melalui operasi caesar.
 
Bobby dan Kahiyang memberikan nama untuk anak laki-lakinya berasal dari bahasa Jawa, melihat budaya Jawa adalah budaya yang dianut oleh keluarga tersebut. Selain itu, terdapat perpaduan kata bahasa Arab juga nama marga keluarga.
 
Nama awal yang terdapat kata "Panembahan" memiliki arti yaitu raja atau pemimpin yang bergelar bangsawan. Kata ini berasal dari bahasa Jawa.

Baca juga: Profil dan arti nama Jan Ethes, cucu pertama Jokowi dari Gibran-Selvi
 
Pada budaya Jawa, Panembahan adalah gelar yang sangat dijunjung. Gelar Panembahan pun digunakan oleh Danang Sutawijaya yaitu Panembahan Senopati, pendiri pertama Kerajaan Mataram Islam di Jawa.
 
Tingkat gelar Panembahan menempati di atas gelar Pangeran Dipati atau Pangeran Adipati. Gelar yang tinggi dari Panembahan dalam budaya Jawa yaitu Sultan.
 
Sementara, kata "Al Nahyan" berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti yaitu bijak. Nama Nahyan juga digunakan oleh pendiri sekaligus mantan presiden pertama Uni Emirat Arab yaitu Zayed bin Sultan Al-Shaykh Nahyan.
 
Pada akhir nama terdapat kata "Nasution" yang merupakan marga suku batak Mandailing dari Sumatera Utara. Marga tersebut berasal dari keturunan sang ayah, Bobby Nasution.
 
Dari arti nama tersebut, orang tua Panembahan Al Nahyan Nasution berharap agar anak laki-lakinya dapat tumbuh menjadi pemimpin yang bijak dan membanggakan keluarga.
 
Al Nahyan bersama kakaknya, Sedah Mirah, pernah sekolah di Playgroup Sekolah Highscope Indonesia, Medan dalam kelas Preschool Highscope atau Early Childhood Educational Program (ECEP).
 
Tahun 2024 ini, Al Nahyan yang berusia empat tahun sedang duduk di bangku TK di Al Azhar Medan standar Internasional.
 
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu memiliki tiga anak, dengan anak sulung yaitu Sedah Mirah Nasution, anak kedua yaitu Panembahan Al Nahyan Nasution, dan anak bungsu yaitu Panembahan Al Saud Nasution.

Baca juga: Profil dan arti nama La Lembah Manah, anak Gibran Rakabuming Raka

Baca juga: Berasal dari Bahasa Jawa, Ini arti nama Sedah Mirah cucu Jokowi

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024