Jakarta (ANTARA) -
Todotua Pasaribu, seorang pengusaha investasi yang akan masuk kabinet Prabowo. Ia juga yang menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Presiden 2024.
 
Pada Selasa (15/10) terlihat sosok Todotua Pasaribu hadir ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta. Pertemuan ini merupakan undangan para tokoh bakal jadi wakil menteri dan menteri dalam kabinet Prabowo.
 
Dalam pertemuan tersebut, Todotua diinginkan oleh Prabowo mengurusi terkait investasi yaitu mengembangkan iklim investasi dan hilirisasi industri. Sebab, saat kepemimpinannya, pertumbuhan ekonomi negara ditargetkan sampai 8 persen.
 
Kiprah dan pengalamannya dalam dunia bisnis dan politik membuat namanya menjadi pilihan dalam menempati posisi strategis di bidang pemerintahan mendatang.
 
Todotua digadang-gadang menempati posisi wakil menteri investasi, berdampingan dengan Yuliot Tanjung.
 
Lantas, siapakah Todotua Pasaribu? Berikut profil dan latar belakang dari calon wakil menteri investasi kabinet Prabowo ini.

Baca juga: Profil Dzulfikar Tawalla, calon wamen dari kalangan Muhammadiyah
 
Profil Todotua Pasaribu
 
Todotua Pasaribu memiliki latar belakang pendidikan sebagai lulusan sarjana teknik dari Universitas Trisakti tahun 1998 hingga 2003.
 
Semasa kuliahnya, ia aktif dalam kegiatan organisasi dan menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Industri periode 2001-2003.
 
Tidak hanya itu, ketertarikannya terhadap dunia bisnis, Todotua bergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia sejak 2011 hingga saat ini.
 
Todotua pun adalah sosok pendiri club basket Kesatria Bengawan Solo yang dipimpin oleh Yakup Hasibuan, suami artis Jessica Mila.
 
Perjalanan karirnya ia mulai dari tahun 2005. Todotua menjadi Manajer Operasional di PT Jagat Energy, selama empat tahun hingga 2009.

Berlanjut saat tahun 2012, Todotua menjabat sebagai Direktur di PT Chatura Indonesia sampai tahun 2023.
 
Tak berhenti sampai sana, saat ini Todotua telah menjabat sebagai Direktur di perusahaan yang berbeda yaitu di PT Thopas Artha Nauli dari tahun 2016.

Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang pelayanan pengelolaan dan pengembangan pabrik baru dari berbagai sektor, seperti pabrik semen, minyak dan gas, pertambangan, dan penghasil tenaga listrik.

Baca juga: Profil Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung
 
Dengan segala wawasan dan pengalaman dari berbagai sektor professional yang telah didapatkan, sejak 2021 Todotua berhasil memimpin Bomba Group, perusahaan holding investasi, sebagai Chief Executive Officer (CEO) hingga saat ini.
 
Melansir dari laman Bomba Grup, perusahaan tersebut berbisnis investasi dalam sektor perdagangan, perkebunan, pertambangan, properti, energi, kontraktor dan logistik di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.
 
Terjun di dunia politik, Todotua mengawali dengan bergabung dalam barisan pendukung kandidat Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024. Ia pun terpilih menjadi Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) kandidat tersebut.
 
Pada 2024, peruntungannya dalam dunia politik telah meningkat dengan terpilihnya menjadi calon wakil menteri investasi dalam kabinet Prabowo yang akan mendatang.
 
Dengan permintaan Prabowo dalam misi kepemimpinannya terkait investasi, Todotua memiliki strategi dalam menginisiasi iklim investasi yang terkendali, seperti memotong hambatan birokrasi, mempercepat alur hilirisasi industri, hingga membuat kebijakan investasi yang menunjang kemajuan ekonomi.

Baca juga: Profil Helvi Yuni Moraza, calon wamen dalam kabinet Prabowo

Baca juga: Profil Liam Payne, eks One Direction yang meninggal jatuh dari balkon
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024