Dalam pelaksanaan pilkada, kita tidak ingin ada kendala yang menghambat masyarakat untuk memberikan suara.
Ambon (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku meminta Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk meningkatkan kesiapan transportasi laut menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Dalam pelaksanaan pilkada, kita tidak ingin ada kendala yang menghambat masyarakat untuk memberikan suara. Kesiapan transportasi laut harus diperkuat, termasuk armada, rute, dan waktu operasional," kata Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Ronald Refli Rumondor, di Ambon, Kamis.

Dalam rapat koordinasi terkait kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024 bersama KPU dan instansi terkait, berlangsung di ruang rapat Karo Ops Polda Maluku itu, Polda Maluku menekankan pentingnya pengawasan terhadap keselamatan penumpang dan kapal.

Dishub setempat diharapkan untuk melakukan pemeriksaan rutin pada kapal-kapal yang beroperasi serta memastikan bahwa semua protokol keselamatan terpenuhi.

Karo Ops juga meminta agar Dishub melakukan koordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat untuk memantau potensi gangguan yang dapat terjadi akibat kondisi cuaca buruk.

Ia berharap koordinasi dan komunikasi antarinstansi terkait dapat terus dijaga dengan baik, sehingga kendala dan permasalahan yang mungkin terjadi selama tahapan pilkada hingga pada pelaksanaan pencoblosan bisa diantisipasi dan dicegah.

“Kami berharap pilkada di Maluku dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar," katanya lagi.

Pada rakor tersebut, perwakilan dari berbagai instansi terkait juga memaparkan kesiapannya dalam mendukung proses Pilkada 2024 di wilayah Maluku.

Dukungan yang disampaikan baik terkait kestabilan pasokan listrik, kesiapan perhubungan udara, kesiapan perhubungan darat dan perhubungan laut serta kesiapan logistik pilkada.

“Kami meminta peran dan dukungan seluruh instansi terkait dalam menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak di wilayah provinsi Maluku dengan meningkatkan kesiapan masing-masing,” katanya pula.

Karo Ops selaku pimpinan rapat, juga meminta saran dan masukan dari masing-masing perwakilan instansi terkait untuk mengantisipasi setiap persoalan yang terjadi.
Baca juga: Polda kirim tim Inafis selidiki kebakaran speedboat cagub Maluku Utara
Baca juga: Bawaslu bangun sinergisitas pengawasan Pilkada 2024 dengan media


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024