Jakarta (ANTARA) - Tren warna cat retro terus berlanjut hingga tahun 2025, menurut CEO perusahaan cat Propan Raya Kris Adidarma saat Grand Opening Propan Sandimas Experience Center di Indonesia Design District (IDD) PIK 2, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (17/10).

"Beet itu adalah agak merah marun dan kebetulan adalah gabungan daripada warna Propan yaitu purple dan juga warna merah, sehingga menjadi warna beet yaitu warna merah purple," kata Kris.

Senada dengan keterangan Kris, situs Elle Decor menyebutkan bahwa perusahaan cat kenamaan dunia Behr juga menobatkan warna merah tua "Rumors" sebagai warna tahun 2025 mereka. Warna tersebut diharapkan dapat menghidupkan kembali nostalgia era 90-an yang serba-merah namun dengan nuansa yang lebih dewasa dan elegan.

Baca juga: Biru langit diprediksi jadi tren warna cat rumah di 2022

Warna mirip merah marun "Rumors" disebut mencerminkan gelombang baru optimisme dan kebebasan berekspresi.

Lebih lanjut, Kris menyarankan selain berdasarkan tren, bahan yang ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan hendaknya juga menjadi pertimbangan saat memilih cat. Menurutnya, Propan Raya adalah perusahaan cat pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Singapura Green Label, dan juga memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang sangat tinggi.

"Propan mempunyai semua produk itu dan juga kita mempunyai suatu produk yang dinamakan produk dibuat dari mineral, yaitu decor silicate paint. Produk Itu sangat bagus dan sangat membuat udara dan lingkungan sekitarnya itu aman, karena memang itu dibuat dari bahan-bahan yang alami dan natural," katanya.

Baca juga: Jotun hadirkan tren warna terbaru untuk 2022 bertajuk "Together"

Kris menambahkan, ke depan tren cat akan lebih banyak mengedepankan produk yang ramah lingkungan misalnya menggunakan bahan dasar air, water based.

"Dulu misalnya kita bicara tentang cat sintetik, cat sintetik itu kan berbasis minyak, sekarang kita sudah mempunyai teknologi membuat cat sintetik berbasis air yang bisa melekat di atas besi dengan baik dan ramah lingkungan".

Berbagai inspirasi dan inovasi warna cat untuk desain interior dapat dirasakan di Propan Sandimas Experience Center seperti water based (cat ramah lingkungan), cat Direct To Metal (cat untuk substrat metal tanpa membutuhkan primer), cat Decor Silicate Paint (cat untuk bangunan heritage), dan berbagai macam dekoratif wall paint yang dipamerkan lewat cat Leganza, dan produk inovatif kayu, flooring, cat duco, dan cat tembok lainnya.

Baca juga: 7 warna cat dinding yang bakal tren di tahun 2022

Baca juga: Kiat memadukan warna-warna berani dalam desain interior

 

Pewarta: Risbeyhi/Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024