Jakarta (ANTARA) -
International Test Center (ITC) berupaya membangun kepemimpinan adaptif di tengah beragam perubahan yang ada lewat penyelenggaraan ITC Leadership Conclave 2024 di Jakarta, Kamis yang dihadiri para pemimpin, praktisi, serta pakar dari berbagai bidang.

Menurut CEO International Test Center Jenny Lee, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, ITC Leadership Conclave 2024 yang bertema besar “Adaptable Leadership: Building New Stories, Navigating New Dynamics, and Challenges" itu mengangkat isu-isu terkini mengenai kepemimpinan yang adaptif atau mampu menyesuaikan perubahan yang cepat dalam dunia kerja, teknologi, dan dinamika global.
 
"Para peserta diberikan wawasan tentang bagaimana para pemimpin dapat beradaptasi dalam menghadapi tantangan yang tidak menentu serta memanfaatkan peluang untuk pertumbuhan organisasi," ujar Jenny.

Acara tahunan itu mempertemukan para pemimpin dari sektor pendidikan, korporasi, dan pemerintahan untuk berdiskusi dan berbagi strategi menghadapi tantangan kepemimpinan di era ketidakpastian.
 
Dia lalu mengatakan ITC sebagai lembaga yang fokus pada peningkatan kemampuan dan kepercayaan diri tenaga kerja Indonesia itu memang berkomitmen menyediakan solusi yang relevan dan berkelanjutan bagi para pemimpin di berbagai sektor.
 
“Meskipun beberapa pekerjaan mungkin berkurang karena otomasi dan kecerdasan buatan, tetapi akan ada banyak peluang di sektor-sektor baru yang tumbuh. Tantangan utama kita adalah mempersiapkan tenaga kerja yang tangguh dan kompeten untuk bersaing di era digital,” kata dia menambahkan.
 
Ia menyampaikan pula bahwa melalui produk dan layanan seperti TOEIC, TOEFL, literasi digital, serta program transfer pengetahuan, ITC mendukung pengembangan kompetensi kepemimpinan yang adaptif.
 
ITC yang merupakan lembaga yang menyediakan sertifikasi bahasa Inggris, literasi digital, penilaian kompetensi lainnya, serta berbagai kegiatan transfer pengetahuan itu pun berkomitmen untuk terus berusaha mengapresiasi human capital dengan cara meningkatkan daya saing, kekuatan, dan ketahanan melalui berbagai inisiatif dan pelatihan.
 
ITC Leadership Conclave 2024, kata Jenny, pada intinya menjadi bukti dedikasi ITC dalam mempersiapkan pemimpin masa depan yang adaptif dan siap menghadapi dinamika global yang terus berubah.
 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Prof Dr Ir Hammam Riza, MSc. IPU yang merupakan Presiden Collaborative Research and Industrial Innovation in Artificial Intelligence (KORIKA) berbagi pandangan mengenai pentingnya kepemimpinan yang tangguh dan inovatif di tengah perkembangan teknologi yang pesat dan perubahan global yang kompleks.
 
Menurut dia, peningkatan keterampilan dan pelatihan bernilai penting dalam memastikan tenaga kerja Indonesia tetap relevan di tengah perkembangan teknologi.
 
“Kita harus mempersiapkan para pekerja untuk mengisi posisi baru yang membutuhkan kemampuan digital. Melalui pelatihan dan peningkatan keterampilan, kita dapat mengatasi kesenjangan teknologi yang ada,” ujar Prof Hamman.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024