Pohon flamboyan yang ditanam oleh  Iriana dikenal dengan bunganya yang cerah dan memikat, sering kali melambangkan kecantikan dan harapan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanam pohon pulai dan  Iriana Joko Widodo menanam pohon flamboyan di halaman tengah Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis sore, menjelang purnatugas.

Sekretariat Presiden di Jakarta menginformasikan kegiatan itu menjadi sebuah pengingat akan dedikasi dan kepedulian terhadap bumi yang akan terus berlanjut, bahkan setelah masa jabatan berakhir.

Baca juga: Presiden Jokowi sahkan perubahan atas UU Kementerian Negara

Acara yang berlangsung dengan suasana kekeluargaan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam menggalakkan penghijauan dan pelestarian lingkungan di kawasan istana.

Dalam keterangan tersebut dijelaskan bahwa kehadiran pohon pulai (Alstonia scholaris) dan flamboyan (Delonix regia) yang dikenal dengan keindahan dan manfaat ekologisnya juga diharapkan dapat memperindah lingkungan istana serta memberi manfaat jangka panjang bagi generasi mendatang.

Pohon flamboyan yang ditanam oleh  Iriana dikenal dengan bunganya yang cerah dan memikat, sering kali melambangkan kecantikan dan harapan.

Baca juga: Jokowi terbitkan perpres jaminan kesehatan purnatugas menteri

Sementara itu, pohon pulai yang dipilih oleh Presiden Jokowi, memiliki makna simbolis dalam ketahanan dan kekuatan, merepresentasikan visi jangka panjang pemerintahan terhadap pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan penanaman pohon tersebut menjadi simbol kenangan menjelang masa purnatugas Presiden Jokowi dan  Iriana.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut tak ada acara khusus di Solo setelah purnatugas

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024