Jakarta (ANTARA) -
Cucu kedua Presiden Joko Widodo, Sedah Mirah Nasution, merupakan anak perempuan dari pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.
 
Dalam silsilah keluarga Jokowi, Kahiyang merupakan anak kedua dari pasangan Jokowi dan Iriana. 

Bobby Nasution merupakan Wali Kota Medan yang kini maju dalam pemilihan Gubernur Provinsi Sumatera Utara 2024. Selain itu, Bobby menjalani dunia bisnis properti sekaligus menduduki jabatan sebagai komisaris PT Wirasena Cipta Reswara.
 
Sama halnya dengan cucu Jokowi yang lainnya, Sedah Mirah Nasution juga kerap terlihat di berbagai kegiatan kakeknya dalam menjalani tugas sebagai Kepala Negara.
 
Bahkan saat hari akhir pekan pun, Jokowi biasa menghabiskan waktu bersama cucu-cucunya, seperti jalan-jalan atau sekedar bermain sepeda.
 
Arti nama Sedah Mirah Nasution
 
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu dikaruniai tiga anak, satu anak perempuan dan dua anak laki-laki.
 
Sedah Mirah Nasution lahir pada 1 Agustus 2018 di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat.
 
Pada pukul 05.50 WIB, Sedah Mirah dilahirkan melalui operasi caesar. Kondisi bayi pun dalam keadaan sehat dan memiliki berat badan 3,4 kg dengan panjang 49 cm.
 
Berdasarkan kalender Jawa, Sedah Mirah memiliki hari lahir yang sama dengan kakeknya, Presiden Jokowi, yaitu jatuh pada Rabu Pon.
 
Setelah lahir, Bobby dan Kahiyang telah menyiapkan nama terbaik untuk anak pertamanya. Nama yang diberikan berasal dari rangkaian kosa kata Bahasa Jawa.
 
Nama awal "Sedah Mirah" artinya yaitu perempuan menawan, dermawan, dan sholehah. Sementara kata "Nasution" merupakan nama marga keturunan suku Batak dari sang ayah, Bobby Nasution.
 
Dari arti nama tersebut, Sedah Mirah Nasution diharapkan dapat tumbuh menjadi sosok perempuan cantik, anggun dan sangat berharga bagi keluarga Nasution.
 
Dalam kegiatan sehari-hari, sama seperti layaknya anak seumuran dengannya, Sedah Mirah bersekolah di SD Al Azhar Medan standar Internasional, bersama sang adik, Panembahan Al Nahyan, yang duduk di bangku TK.
 
Sedah Mirah dan Al Nahyan pun pernah belajar bersama di Playgroup Sekolah Highscope Indonesia, Medan.
 
Selain Panembahan Al Nahyan, Sedah Mirah juga memiliki adik laki-laki bungsu yang bernama Panembahan Al Saud Nasution.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024