Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menteri Negara urusan Kerja Sama Internasional Qatar Lolwah binti Rashid Al-Khater menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Afghanistan bersekolah di perguruan tinggi Indonesia.

Retno menjelaskan, krisis kemanusiaan di Afghanistan menunjukkan semakin pentingnya peran dunia menjamin akses pendidikan bagi warga Afghanistan, terutama kaum perempuan, demikian menurut pernyataan tertulis Kemlu RI yang diterima di Jakarta, Kamis.

“Dengan memberikan kesempatan bagi pelajar Afghan belajar di Indonesia, kita akan bantu meningkatkan kapasitas mereka, bukan hanya secara akademis, tetapi membangun ketahanan mereka dan juga harapan mereka untuk membangun bangsanya kembali,” ucap Retno.

Perjanjian yang ditandatangani secara virtual pada Kamis tersebut, menjadi dasar bagi penyediaan beasiswa bagi mahasiswa Afghanistan menuntut ilmu di perguruan tinggi RI dengan pendanaan dari Pemerintah Qatar.

Fasilitasi beasiswa RI-Qatar untuk Afghanistan tersebut mencerminkan komitmen kerja sama berkelanjutan antara kedua negara dalam mempromosikan akses pendidikan bagi perempuan Afghanistan.

Indonesia dan Qatar sebelumnya telah menyepakati letter of interest untuk pemberian bantuan kemanusiaan dan pembangunan bagi rakyat Afghanistan.

Kedua negara juga telah menyelenggarakan Konferensi Internasional untuk Pendidikan Wanita Afghanistan (ICAWE) pada Desember 2022.

Terkait hasil ICAWE 2022, Menlu Retno menyoroti keberhasilan kegiatan tersebut menggerakkan dukungan dunia bagi pendidikan dan pemberdayaan kaum perempuan di Afghanistan.

“Saat ini, lebih dari 20 pelajar Afghanistan telah menerima beasiswa dan sudah berkuliah di Indonesia. Kami sangat senang meluncurkan kerja sama strategis melalui kolaborasi beasiswa Indonesia-Qatar, dengan Qatar sebagai donatur utama,” kata Retno.

Selain di bidang pendidikan, Indonesia juga telah memberikan sejumlah bantuan kemanusiaan untuk meringankan krisis kemanusiaan di negara Asia Tengah itu.

Pemerintah RI telah memberikan, di antaranya, 10 juta dosis vaksin polio, bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam, dan pelatihan psikososial bagi 400 wanita Afghanistan dalam menjalani kehidupan sosial.

Indonesia, ucap Retno, juga berkomitmen membantu pengembangan model bisnis keuangan mikro syariah yang sesuai bagi Afghanistan untuk memajukan usaha tingkat rumah tangga di sana.

Menlu RI menegaskan, politik tidak boleh menghalangi solidaritas untuk Afghanistan karena di atas politik, “kemanusiaan harus menjadi yang utama”.

Baca juga: Menlu Retno suarakan hak perempuan Afghanistan di Sidang Umum PBB
Baca juga: Bahas perkembangan Afghanistan, Menlu RI tekankan isu hak perempuan
Baca juga: Menlu: Diplomasi RI terus perjuangkan hak perempuan di Afghanistan
Baca juga: PBB tekankan perlunya partisipasi penuh perempuan Afghan di publik
Baca juga: PBB desak otoritas Afghanistan izinkan anak perempuan bersekolah


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024