Rerata di seluruh daerah itu sedang, yang di bawah ada dua yaitu Maluku dan Papua Barat
Jakarta (ANTARA) - Komisi Informasi Pusat menyatakan bahwa terdapat 11 provinsi yang hasil Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2024 berada pada situasi baik sedangkan dua provinsi masuk kategori buruk, sisanya sedang.

"Rerata di seluruh daerah itu sedang, yang di bawah ada dua yaitu Maluku dan Papua Barat," kata Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Donny Yoesgiantoro di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, hasil IKIP 2024 terdapat 11 provinsi yang berada pada situasi baik, yaitu provinsi yang memperoleh nilai skor di atas 80, jumlah tersebut naik dari hasil IKIP 2023 yang hanya terjadi di lima provinsi.

Ia melanjutkan, secara nasional terdapat 19 provinsi yang situasi keterbukaan informasi publik-nya berada di atas rata-rata nasional skor 75,65.

Denny menyebutkan provinsi yang berada pada situasi baik adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Riau, dan Kalimantan Selatan.

Donny mengatakan peningkatan skor IKIP di sejumlah daerah menunjukkan upaya untuk menghadirkan pemerintahan yang lebih terbuka terus dilakukan secara berkelanjutan.

Baca juga: KI Pusat: Peningkatan IKIP 2024 momentum keterbukaan informasi publik

Baca juga: MK-KI Pusat optimalkan keterbukaan informasi publik


"Dalam jangka panjang, IKIP diharapkan memberikan manfaat besar lantaran hadirnya keterbukaan informasi publik di berbagai tingkatan masyarakat akan mendorong kemajuan di segala bidang," tuturnya.

KI Pusat menyatakan secara nasional Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2024 berada pada situasi sedang dengan skor 75,65 meningkat dari tahun sebelumnya dan hal ini menjadi momentum untuk meningkatkan keterbukaan informasi.

Ia menambahkan IKIP 2024 berada pada situasi sedang dengan skor 75,65, hasil ini meningkat apabila dibandingkan pelaksanaan IKIP 2023 dengan skor 75,4.

Ia menjelaskan sejak pertama kali digelar pada 2021, terjadi peningkatan skor yang konsisten selama empat tahun berturut-turut. Pada 2021, skor nasional IKIP berada pada angka 71,37, naik menjadi 74,43 pada 2022 dan terus naik hingga 2024.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024