SIG siap berkolaborasi dengan pihak perbankan dan para pemangku kepentingan lainnya dalam pembangunan perumahan yang ramah lingkungan
Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia Persero Tbk (SIG) siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun perumahan yang ramah lingkungan di tanah air.

”SIG siap berkolaborasi dengan pihak perbankan dan para pemangku kepentingan lainnya dalam pembangunan perumahan yang ramah lingkungan sebagai bagian dari upaya akselerasi transisi menuju ekonomi hijau di Indonesia,” kata Direktur Utama SIG Donny Arsal dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Baru-baru ini SIG berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendorong pembangunan ramah lingkungan.

Menurut Donny, sektor perbankan memiliki peranan penting dalam pembangunan rumah ramah lingkungan melalui fasilitas permodalan bagi para pengembang properti, serta fasilitas pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk memiliki rumah.

Donny menyampaikan bahwa SIG memiliki fokus untuk menyediakan produk bahan bangunan inovatif yang rendah emisi, serta fasilitas pembiayaan pemilikan rumah.

Baca juga: SIG-Pelindo perkuat sinergi jaga ketersediaan bahan bangunan nasional

Baca juga: SIG: Implementasi teknologi industri 4.0 tingkatkan produktivitas


Kolaborasi antar-BUMN itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hunian yang berkualitas dan terjangkau, serta memenuhi aspek keamanan dan kenyamanan.

”SIG dan BTN memiliki kesamaan visi untuk mendorong pembangunan rumah ramah lingkungan. Kolaborasi antar-BUMN ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan, serta manfaat yang luas bagi industri properti dan masyarakat,” ujar Donny.

Sebagai perusahaan penyedia solusi bahan bangunan, SIG mendorong penggunaan semen hijau yang rendah emisi dan produk turunnya yang ramah lingkungan.

Precise interlock brick misalnya, produk turunan semen hijau yang merupakan hasil riset terapan dengan mekanisme kerja bata yang saling mengunci antar balok seperti sistem lego.

Penggunaan precise interlock brick memberikan banyak keuntungan dibandingkan material konvensional dalam pembangunan rumah, karena lebih efisien dalam penggunaan material dan lebih mudah dalam pengaplikasian.

Durasi konstruksi pembangunan rumah menggunakan precise interlock brick juga lebih cepat daripada bata biasa karena tidak memerlukan proses perendaman bata, penyediaan kotak cetak pengecoran atau bekisting, aplikasi bahan perekat atau spesi di setiap lapis bata, serta penambahan plester dan acian.

Precise interlock brick juga telah dinyatakan ramah gempa untuk wilayah dengan tingkat seismisitas tinggi (KDS D) berdasarkan Uji Siklik dinding 2D di Balai Besar Sarana dan Bangunan Gedung Dirjen Bina Teknik Permukiman dan Perumahan.

Donny menilai precise interlock brick menjadi solusi bagi pengembang properti dalam pembangunan rumah yang cepat dan terjangkau, serta ramah lingkungan, untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing.

Baca juga: SIG integrasikan aspek keberlanjutan dalam kegiatan pertambangan

Baca juga: Semen Indonesia berinovasi dukung pembangunan rendah karbon


Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024