Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan terutama di wilayah perbatasan dengan Malaysia, di mana salah satu upaya ini diwujudkan melalui rencana kerja sama dengan Telkom University.

"Kami mengapresiasi komitmen Telkom University untuk terlibat dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya di kawasan perbatasan Kalbar. Masalah terbesar kami di bidang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah pendidikan, dan kolaborasi ini sangat penting untuk memajukan pendidikan di kawasan perbatasan," kata Pj Gubernur Kalbar Harisson saat menerima audiensi Wakil Rektor I Telkom University Dr Dadan Rahadian, di Ruang Kerja Gubernur Kalbar, di Pontianak, Kamis.

Harisson menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalbar terus berupaya melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dan berbagai stakeholder guna meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di wilayahnya, khususnya di daerah perbatasan. Pendidikan menjadi kunci untuk mendorong peningkatan IPM dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas SDM, salah satunya melalui pendidikan. Kerja sama dengan perguruan tinggi seperti Telkom University sangat penting untuk mendukung visi ini," tuturnya.

Baca juga: Pemprov Kalbar dan BRIN siapkan inovasi di daerah perbatasan

Wakil Rektor I Telkom University Dr Dadan Rahadian mengungkapkan bahwa Telkom University telah melakukan penjajakan di kawasan perbatasan Kalbar. Telkom University berencana memberikan beasiswa kepada siswa di wilayah perbatasan agar mereka dapat menempuh pendidikan di kampus tersebut.

"Kami telah menyiapkan program beasiswa untuk setidaknya 10 siswa dari daerah perbatasan yang ingin melanjutkan pendidikan di Telkom University," kata Dadan.

Dadan berharap melalui kerja sama ini, Telkom University dan Pemprov Kalbar dapat berkolaborasi untuk meningkatkan pendidikan di daerah perbatasan.

"Kalbar sebagai pintu utama Indonesia dalam menjaga kedaulatan negara, perlu didukung sumber daya manusia yang berkualitas, terutama di daerah perbatasan," tuturnya.

Baca juga: Disdikbud Kalbar kerja sama dengan EMGS tingkatkan kualitas pendidikan

Pertemuan ini menjadi langkah awal dalam membangun kolaborasi antara Pemprov Kalbar dan Telkom University untuk memajukan dunia pendidikan di Kalbar, terutama di kawasan perbatasan.

Dadan menekankan pentingnya sinergi antara dunia akademik dan pemerintah untuk mengatasi tantangan pendidikan di daerah-daerah yang strategis seperti perbatasan.

Melalui kerja sama ini, kata dia, diharapkan kualitas pendidikan di Kalbar dapat terus ditingkatkan, sehingga memberikan dampak positif pada IPM dan perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Baca juga: Pemprov Kalbar bentuk tim teknis percepatan peningkatan IPM

"Kolaborasi antara Pemprov Kalbar dan Telkom University juga diharapkan akan memperkuat upaya pemerintah dalam meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat di daerah-daerah terpencil," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024