Tangerang (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0506 Tangerang menggelar khitanan massal bagi 52 anak yatim piatu dan dhuafa yang tersebar di wilayah Kota Tangerang dan Tangerang Selatan

Pasintel Kodim 0506 Tangerang Mayor Arh Jaminah Arie Anto, di Tangerang, Kamis, mengatakan kegiatan khitanan massal ini untuk membantu meringankan beban masyarakat yang selama ini kesulitan biaya khitan, sekaligus mendekatkan kehadiran TNI di tengah masyarakat.

"Bakti sosial ini juga menjadi rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun TNI. Sasaran khitanan massal ini adalah warga kurang mampu dan anak yatim piatu," kata Arie Anto dalam acara di Gedung Serba Guna Palapa Makodim 0506 Tangerang.

Baca juga: Polres Madiun gelar khitanan massal 99 anak

Menurut dia, kehadiran anak-anak peserta khitan massal di markas tentara diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme sehingga memiliki cita-cita menjadi tentara.

Untuk proses khitan, Kodim 0506 Tangerang melibatkan tim dokter dari Rumah Sakit Daan Mogot Tangerang, dengan menggunakan metode laser.

Baca juga: Puluhan anak di Palangka Raya ikuti khitanan massal

Peserta khitanan massal juga mendapatkan paket obat-obatan untuk mengobati luka setelah khitan, bingkisan berisi perlengkapan ibadah, serta uang tunai yang diperoleh dari donatur.

Orang tua pun merasa terbantu dengan bakti sosial khitanan massal ini karena masih banyak anak yang belum dikhitan dengan alasan keterbatasan biaya.

Baca juga: TNI AL gelar khitanan massal untuk warga di desa pesisir Kalsel

"Kami sangat terbantu dengan adanya khitanan massal. Khitanan massal diharapkan sering diadakan karena dapat membantu warga kurang mampu dan anak yatim piatu," kata Nurjanah yang mendampingi putranya ikut khitanan massal.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024