Jakarta (ANTARA News) - Calon presiden Prabowo Subianto menyatakan setuju dengan upaya peningkatan kualitas tenaga kerja Indonesia yang dikirim ke luar negeri melalui pendidikan sehingga berpenghasilan baik dan dihargai.

"Indonesia harus menyeleksi, mendidik, dan menyiapkan TKI serta disertifikasi," kata Prabowo dalam debat calon presiden dengan tema "Politik Internasional dan Ketahanan Nasional" di Jakarta, Minggu.

Prabowo mengatakan upaya peningkatan kualitas TKI itu agar memperbaiki penghasilan mereka.

Dia mengatakan, keberadaan TKI di luar negeri karena mereka terpaksa disebabkan di Indonesia tidak ada lapangan kerja yang memadai.

"Kemiskinan menjadi penyebab mereka menjadi TKI di luar negeri. Saya punya pengalaman bantu TKI asal Atambua, Nusa Tenggara Timur yang dianiaya majikannya sehingga membunuh lalu kita harus menyelamatkan nyawa TKI," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan peran penting Indonesia di tingkat politik luar negeri adalah mewujudkan kesejahteraan ekonomi bukan hanya menyelenggaran konferensi.

Menurut dia, apabila ekonomi sejahtera maka rakyat akan makmur dan layanan kesehatan baik.

Pilpres 2014 diikuti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Prabowo Subianto-Hatta Rajasa didukung enam partai, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PKS, PPP, dan PBB, sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla didukung lima partai, yaitu PDI Perjuangan, PKB, Partai Nasional Demokrat, Partai Hanura, dan PKP Indonesia.

(I028/N002)

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014