Surabaya, Jatim (ANTARA) - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya inovasi dalam pengelolaan air untuk sektor pertanian karena sektor tersebut sangat bergantung pada ketersediaan air yang cukup.

"Di tengah perubahan iklim global saat ini, kita harus terus mencari inovasi pengelolaan air bagi sektor pertanian. Inovasi seperti irigasi, pengelolaan sumber daya air, serta pengembangan pertanian berkelanjutan, menjadi solusi yang harus diadopsi agar ketahanan pangan tetap terjaga," kata Khofifah saat memperingati Hari Pangan Sedunia di Surabaya, Jatim, Kamis.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Pangan Sedunia atau World Food Day 2024 yakni "Water is life, water is food. Leave no one behind" yang menyoroti pentingnya pengelolaan air sebagai fondasi ketahanan pangan di seluruh dunia.

Khofifah mengatakan pentingnya pengelolaan air ini karena berdampak langsung pada produksi pangan yang berkelanjutan. Untuk itu, kolaborasi antar berbagai sektor baik pemerintah, petani, akademisi maupun masyarakat, penting untuk menciptakan strategi yang efektif dan efisien.

Ia juga mengajak semua pihak untuk berinovasi dalam menciptakan sistem pertanian yang tangguh terhadap perubahan iklim. Termasuk pengembangan varietas tanaman yang lebih tahan terhadap kekeringan.

"Inovasi pengelolaan sektor pengairan dalam pertanian menjadi semakin penting, terutama dalam menghadapi dampak perubahan iklim global. Apalagi adanya perubahan curah hujan, kekeringan yang lebih lama, dan suhu yang meningkat, sangat berpengaruh terhadap ketersediaan sumber daya air," katanya.

Untuk itulah, katanya, perlunya teknologi yang adaptif, penggunaan air yang lebih efisien, dan pendekatan berkelanjutan untuk memastikan ketahanan pangan di masa depan.

Khofifah pun mengajak semua pihak terus memperkuat ketahanan pangan, menjaga keberlanjutan produksi, sehingga tercapai swasembada pangan yang menjadi salah satu prioritas nasional untuk menjamin kedaulatan pangan Indonesia.

"Salah satunya dengan program ketahanan pangan berbasis komunitas, seperti urban farming, program ketahanan pangan di desa, dan pemanfaatan lahan kosong di perkotaan untuk bercocok tanam. Ini diharapkan bisa meningkatkan kemandirian pangan di tingkat lokal dan mengurangi ketergantungan pada pasokan dari luar daerah sampai terwujudnya kedaulatan pangan," katanya.

Baca juga: Khofifah dorong kampung produksi kopiah di Gresik jadi desa devisa
Baca juga: Khofifah-Emil garap video klip lagu bersama Dewa 19 di Surabaya
Baca juga: Khofifah-Emil garap video klip lagu bersama Dewa 19 di Surabaya

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024