Pangkalpinang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Sugito bersama Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Hendro Pandowo menanam 4.000 pohon secara serentak di 27 hektare lahan kritis di daerah itu.

"Kegiatan ini untuk mendukung program penanaman sejuta pohon," kata Sugito saat penanaman pohon di Kawasan GOR Sahabuddin Pangkalpinang, Kamis.

Ia sangat mengapresiasi penanaman pohon serentak yang diinisiasi oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung sebagai salah satu wujud tanggung jawab bersama terhadap pelestarian lingkungan di lahan kritis di areal bekas penambangan di daerah ini.

"Kita harus melestarikan bumi ini, apalagi sekarang situasi global ada perubahan iklim. Ini menjadi hal yang sangat luar biasa tantangannya, karena itu mari kita mulai dari hal yang kecil di mana wilayah kita bekerja, bisa dimulai dari keluarga, dari RT, desa, sampai pada gerakan di tingkat provinsi," ujarnya.

Ia berharap dengan menjaga lingkungan dapat diwariskan kepada generasi nanti. Apalagi jika melihat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini banyak sekali pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam upaya untuk memulihkan lingkungan agar tercipta udara yang sejuk.

"Insya Allah kita kerja sama dengan semua pemangku kepentingan di Kepulauan Bangka Belitung, tidak hanya dari Polda atau forkopimda, tetapi juga dengan seluruh masyarakat, bahkan kita gerakkan sampai ke level desa," katanya.

Ia mengajak semua masyarakat mulai dari lingkup terkecil untuk meningkatkan upaya menanam dari satu keluarga satu pohon.

"Insya Allah juga kita akan menambah dengan memanfaatkan pekarangan bahkan mungkin tanaman buah pun memiliki makna yang sama. Mudah-mudahan ini menjadi satu gerakan bagi kita semua," harapnya.

Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Hendro Pandowo berharap dengan penanaman pohon ini bisa memperbaiki lingkungan, tidak hanya secara fisik tetapi momentum untuk memberikan sejuta harapan kepada masyarakat Bangka Belitung untuk bangkit memperbaiki kesejahteraan, melakukan pembangunan dan mewujudkan Kepulauan Provinsi Bangka Belitung yang bersih dan hijau.

"Selama kurun waktu tiga tahun terakhir ini pohon yang telah kita tanam mencapai 266.000 batang di lahan seluas 255,4 hektare, sementara pada pagi hari ini secara serentak dari jajaran Polda Bangka Belitung dan Polres juga melakukan penanaman 4.000 bibit pohon di lahan seluas 27 hektare," katanya.

Baca juga: PT Timah gencarkan tanam pohon di lahan kritis Babel
Baca juga: Pemprov Jatim tanam 24.000 pohon mangrove di Kabupaten Sampang

Pewarta: Aprionis
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024