Islamabad (ANTARA) - China dan Pakistan akan memperkuat komunikasi dan koordinasi soal isu Afghanistan, menurut pernyataan bersama yang dirilis di Islamabad pada Selasa (15/10) dalam kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) China Li Qiang ke Pakistan.

Dalam pernyataan tersebut, kedua belah pihak mendesak upaya bersama dari masyarakat internasional untuk mendorong Pemerintah Interim Afghanistan membangun kerangka kerja politik yang inklusif, mengadopsi kebijakan-kebijakan moderat, dan mengupayakan hubungan yang baik.

China dan Pakistan akan memperkuat komunikasi dan koordinasi soal isu Afghanistan, menurut pernyataan bersama yang dirilis pada Selasa (15/10) saat kunjungan resmi Perdana Menteri China Li Qiang ke Pakistan.

Kedua belah pihak juga menyerukan penguatan kerja sama antiterorisme di tingkat bilateral dan multilateral guna mendukung Afghanistan dalam mengambil langkah-langkah komprehensif untuk memberantas terorisme.

Mereka juga menyerukan agar Pemerintah Interim Afghanistan mengambil tindakan nyata dan dapat diverifikasi untuk membongkar dan menghancurkan semua kelompok teroris yang berbasis di Afghanistan yang terus menjadi ancaman serius bagi keamanan regional dan global, serta mencegah penggunaan wilayah Afghanistan untuk melawan negara-negara tetangganya, kawasan, dan sekitarnya.

Mereka juga sepakat untuk memainkan peran konstruktif dalam membantu Afghanistan mencapai pembangunan yang stabil dan berintegrasi ke dalam komunitas internasional.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024