Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya mengerahkan 6.757 personel untuk mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 yang dilaksanakan pada Minggu (20/10).
 
"Pengamanan meliputi personel Polda Metro Jaya dan jajaran Polres, Kodam Jaya, Pemprov DKI Jakarta dan pihak terkait, kekuatan pengamanan melibatkan sebanyak 6.757 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Ade Ary menjelaskan 6.757 personel itu terdiri atas 4.100 personel Satgas Polda Metro Jaya, 1.667 personel gabungan Satgas Polres jajaran Polda Metro Jaya, 857 Satgas Polres Jakarta Pusat serta 133 personel BKO dari Pemda dan pihak terkait.
 
"Yang menjadi sasaran pengamanan meliputi orang, yaitu presiden dan wakil presiden, tamu undangan kepala negara lain, kendaraan VIP dan VVIP dan area DPR/MPR RI, rute yang dilalui presiden dan wakil presiden serta objek vital," katanya.
 
Terkait lalu lintas, Ade Ary menyampaikan bahwa rekayasa lalu lintas bersifat situasional. Polisi akan mengalihkan arus lalu lintas jika terjadi kepadatan di sekitar Senayan, Jakarta Pusat.
 
"Kami mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk menghindari kawasan tersebut dan mencari rute alternatif lain guna menghindari kepadatan lalu lintas," katanya.

Baca juga: DKI siagakan ribuan petugas kebersihan saat pelantikan Presiden 
Baca juga: Jakpus bersihkan area Patung Kuda jelang pelantikan presiden-wapres
 
Ade Ary juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban. "Sehingga kegiatan pelantikan presiden dan wakil presiden nanti berjalan dengan aman dan tertib," katanya.
 
Ia juga meminta kepada personel yang melaksanakan pengamanan agar melakukan pengamanan secara humanis. "Bagi anggota agar melaksanakan pengamanan secara humanis," katanya.
 
Presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10).
 
Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024