Jakarta (ANTARA) -
Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menyambut bahagia kelahiran putri pertama mereka yang diberi nama Bebingah Sang Tansahayu.
 
Mengingat keduanya adalah pasangan yang cukup sering mendapat sorotan media sejak pernikahan mereka hingga kehamilan Erina, momen kelahiran anak pertama mereka pun ikut menarik perhatian.

Sebagai cucu dari Presiden Joko Widodo, Bebingah Sang Tansahayu juga lahir dalam keluarga yang memiliki pengaruh besar di Indonesia.
 
Pemberian nama Bebingah Sang Tansahayu, selain terdengar indah dan unik, ternyata berasal dari Bahasa Jawa dan memiliki makna yang berarti.
 
Nama yang diberikan mencerminkan harapan besar dari kedua orang tua kepada sang anak. Lantas, apa makna dari nama anak pertama Kaesang-Erina? Berikut penjelasannya.

 
Arti nama Bebingah Sang Tansah Ayu
 
Bebingah Sang Tansahayu adalah anak pertama dari pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang lahir pada Selasa, 15 Oktober 2024 di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Menteng, Jakarta.
 
Erina Gudono melahirkan Bebingah secara bedah cesar pada pukul 07.02 WIB. Bebingah lahir dengan kondisi sehat dan memiliki berat 3,4 kg serta panjang 50 cm.
 
Kaesang mengatakan bahwa nama anak mereka dipersiapkan dan dibuat oleh sang istri, Erina yang ia ambil dari Bahasa Jawa.
 
Dalam bahasa Jawa, kata "Bebingah" berasal dari "Bingah" yang berarti kebahagiaan atau perasaan bahagia. Nama ini mencerminkan harapan dari kedua orang tuanya agar sang anak selalu membawa kebahagiaan, tidak hanya bagi keluarganya, tetapi juga bagi orang-orang di sekitarnya.
 
Sementara itu, kata "Sang" merujuk pada arti "yang". Kata "Tansahayu" terdiri dari dua kata, yaitu "Tansah" yang berarti abadi atau selalu, dan "Ayu" yang berarti cantik. Sehingga, "Tansahayu" bisa diartikan sebagai selalu cantik.
 
Jadi, nama Bebingah Sang Tansahayu dapat diartikan sebagai "Si pemilik kecantikan abadi yang selalu membawa kebahagiaan". Nama ini mengandung harapan terhadap Bebingah dapat menjadi anak yang selalu membawa kebahagiaan dan cantik dalam tutur kata, wajah, hingga hatinya.

Nama tersebut membuat Bebingah mengikuti jejak kelima kakak sepupunya, para cucu Presiden Jokowi yang mengemban nama berasal dari bahasa Jawa dengan makna mendalam.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024