Dubai, Uni Emirat Arab, (ANTARA/PRNewswire)- Pada 14 Oktober lalu, Li Peng, Corporate Senior Vice President & President, ICT Sales & Service, Huawei, menyampaikan presentasi berjudul "Thriving Together in the Intelligent Era" (Berkembang Bersama pada Era Teknologi Pintar) di Huawei GITEX 2024.

Ekonomi digital tengah bergerak menuju ekonomi pintar. Sektor ini pun segera menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dunia.

Kini, berbagai perusahaan di seluruh dunia bekerja keras membangun kapabilitas yang diperlukan agar meraih kesuksesan pada era baru.

Banyak perusahaan pun mengusung transformasi digital menuju level berikutnya. Perusahaan-perusahaan ini mengeksplorasi skenario penggunaan teknologi dalam aktivitas produksi, serta menjajaki bidang-bidang yang memperoleh manfaat besar dari teknologi digital, bahkan di industri-industri konvensional. 

Sektor manufaktur, misalnya. Didukung konektivitas dan platform IoT industri, pelaku manufaktur mengumpulkan semakin banyak data, menjadi basis teknologi pintar yang berfungsi secara seketika (real-time intelligence).

Transformasi teknologi pintar juga berjalan kian cepat. Semakin banyak perusahaan memakai AI untuk meningkatkan produktivitas dan memangkas biaya operasional. Tren ini membuka berbagai peluang untuk model bisnis yang lebih inovatif, serta pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Misalnya, berbagai bank menggunakan model AI berskala besar untuk membuat profil pengguna yang kompleks dalam hitungan detik. Dengan profil ini, bank dapat melakukan program pemasaran yang lebih tepat sasaran, serta menyalurkan pinjaman dengan lebih cepat. Bank-bank ini pun mengubah pengalaman nasabah dan mendorong pertumbuhan baru.

Di tengah perkembangan ekonomi dunia, transformasi digital dan teknologi pintar menjadi jalur yang harus ditempuh. Jalur ini juga menjadi cara terbaik untuk membangun daya saing.

Namun, hal tersebut tak semudah membalikkan telapak tangan. Berbagai perusahaan, industri, dan wilayah tengah menjalani fase transformasi yang berbeda-beda. Jadi, bagaimana Huawei dapat membantu mereka memperoleh kapabilitas yang tepat lewat cara-cara yang paling sesuai?

Saya ingin membahas topik tersebut hari ini. Saya akan membagikan langkah-langkah yang ditempuh Huawei untuk membantu kesuksesan klien, mendukung mitra-mitra lokal, serta mengembangkan ekosistem SDM digital.

Di Huawei, kami menggabungkan daya saing dalam bidang jaringan, penyimpanan data, komputasi, komputasi awan, serta energi guna membangun infrastruktur digital dan teknologi pintar yang baru.

Bersama mitra-mitra, kami melayani klien-klien terkemuka di sejumlah sektor, seperti pemerintahan, finansial, kelistrikan, transportasi, manufaktur, migas, pertambangan, dan Internet.

Huawei mendalami skenario bisnis klien-klien ini, serta mengeksplorasi solusi terbaik untuk transformasi digital dan teknologi pintar. Terlepas dari fase transformasi digital Anda, kita dapat bekerja sama agar semua pihak dapat meraih kesuksesan.

Tahun lalu, Huawei melansir strategi "All Intelligence". Kami juga meluncurkan arsitektur rujukan untuk transformasi teknologi pintar di berbagai industri. Arsitektur ini bersifat kolaboratif, terbuka, gesit, dan tepercaya, serta memandu proses transformasi.

Praktiknya, arsitektur ini telah mendatangkan hasil. Pada tahun lalu, kami telah menggunakan arsitektur ini untuk mengembangkan banyak solusi di industri tertentu. Kami juga menerbitkan lebih dari 100 studi kasus yang bisa digunakan perusahaan yang berbeda-beda untuk menjalani proses transformasi.

Begitu banyak kisah sukses!

Salah satunya di Pantai Gading. Kami membantu Kementerian Perhubungan Pantai Gading membangun platform analisis arus lalu lintas dengan Intelligent Transportation System Huawei. Hasilnya, risiko keselamatan berkendara kini berkurang, sedangkan arus lalu lintas mengalami peningkatan lebih dari 10%.

Di sisi lain, solusi Huawei "One Cloud, One Network" telah membantu 33 negara-negara Timur Tengah dan Afrika membangun konektivitas inklusif, melibatkan lebih dari 1.000 badan pemerintah. Efisiensi dan kepuasan layanan telah meningkat drastis. 

Studi kasus tersebut hanya beberapa contoh dari pencapaian yang telah terwujud secara kolaboratif.

Pencapaian ini tak dapat terwujud tanpa keterlibatan mitra-mitra kami. Mitra-mitra Huawei telah berperan penting, dan kami ingin membantu perkembangan mereka sekaligus berkolaborasi mendukung kesuksesan klien.

Di Huawei, kami berkomitmen membangun ekosistem kemitraan yang sehat, terbuka, dan saling menguntungkan. Kemitraan kami bahkan berkembang pesat di segmen korporasi. Hingga kini, lebih dari 47.000 mitra telah bergabung bersama Huawei. Tahun ini, jumlah mitra Huawei juga meningkat lebih dari 18%.

Kami juga telah membangun 14 OpenLabs di seluruh dunia demi mendukung kerja sama inovasi bersama mitra-mitra solusi lokal. Dengan melibatkan lebih dari 30 mitra solusi di Uni Emirat Arab, kami telah mengembangkan lebih dari 20 solusi yang memenuhi kebutuhan industri lokal.

Kami tak hanya bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar. Banyak UKM yang juga ingin menjalani transformasi digital dan teknologi pintar. Maka, kami bekerja keras agar mitra-mitra Huawei dapat melayani kalangan UKM secara lebih independen, mudah, dan efektif.

Kami menyediakan solusi berbobot ringan dan berbasiskan skenario bagi mitra-mitra, serta produk yang lebih mudah dipasarkan, serta platform digital yang efisien. Kami juga mendukung aktivitas litbang, penjualan, pemasaran, suplai, dan layanan sehingga mitra-mitra memperoleh bantuan lengkap.  

Di sisi lain, kami membantu mitra-mitra menjalankan inovasi bisnis dan model layanan. Misalnya, Huawei dan BCX membangun platform manajemen komputasi awan (cloud management) yang melayani lebih dari 100 UKM. Dengan model komputasi awan yang fleksibel ini, UKM dapat menyewa atau membeli layanan jaringan, mengatasi tantangan O&M, serta menghemat CAPEX hingga lebih dari 20%.

Untuk layanan, kami bekerja sama dengan mitra-mitra untuk meningkatkan kapabilitas layanan lokal.

Mastery House adalah salah satu mitra layanan kami di Arab Saudi. Dalam delapan tahun terakhir, pendapatan perusahaan tersebut telah meningkat 16 kali lipat, bahkan lebih dari 90% pendapatannya kini berasal dari kerja sama proyek bersama Huawei.

Lewat kolaborasi ini, Mastery House tak hanya mencapai pertumbuhan pendapatan dengan cepat, namun juga berkembang sebagai penyedia jasa TIK terkemuka di Arab Saudi.

Tentunya, Anda tidak dapat melakukan transformasi digital atau teknologi pintar tanpa didukung SDM yang menguasai wawasan dan keahlian yang tepat. Jadi, kami pun bekerja keras mengembangkan SDM digital di pasar lokal. Bersama berbagai universitas di seluruh dunia, Huawei telah menggelar "ICT Academies" yang melibatkan masyarakat lokal.

Fasilitas ini telah melatih lebih dari 36.000 ahli TIK dan 1.000 pihak pengembang teknologi di Mesir. Di Arab Saudi, lebih dari 32.000 mahasiswa telah mengikuti pelatihan TIK, dan 6.500 praktisi telah menjalani sertifikasi TIK yang diadakan Huawei.

Ke depan, kami akan terus mendatangkan berbagai manfaat, serta menjadikan integritas sebagai pondasi, dan memberlakukan regulasi sebagai jaminan ketika berkolaborasi dengan mitra-mitra. Dengan berkolaborasi, kita bisa mengembangkan solusi yang lebih tepat sasaran dan skalanya mudah diperluas demi meningkatkan kesuksesan di pasar global.

Transformasi digital dan teknologi pintar tidak menguntungkan segelintir orang. Namun, hal tersebut harus bermanfaat bagi semua orang.

Huawei siap dan ingin bekerja sama dengan semakin banyak klien dan mitra. Secara kolaboratif, kita dapat melakukan banyak hal, membuat pencapaian yang kian besar, serta menangkap berbagai peluang pada era baru.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024