Jakarta (ANTARA) - Airlangga Hartarto mengunjungi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto yang terletak di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10). 

Airlangga mengaku bahwa ia diberikan tugas yang sesuai dengan bidang yang telah lama digelutinya. Meski demikian, ia tidak mengonfirmasi apakah dirinya akan kembali menjabat sebagai Menko Perekonomian.

Lahir di Surabaya, Jawa Timur, Airlangga Hartarto adalah seorang politisi yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada perombakan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Dari segi pendidikan, Airlangga Hartarto menyelesaikan studi di Jurusan Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada pada 1987. Ia melanjutkan pendidikan ke AMP Wharton School, Universitas Pennsylvania, dan lulus pada 1993. Airlangga kemudian meraih gelar MBA dari Universitas Monash pada 1996 dan Master of Management Technology dari Universitas Melbourne pada 1997.

Pada 2019, ia dianugerahi gelar doktor kehormatan di bidang kebijakan pembangunan dari KDI School, Korea Selatan serta Doctor Honoris Causa dalam Manajemen Olahraga dari Universitas Negeri Semarang pada 2020. Airlangga Hartarto memiliki pengalaman luas di berbagai sektor, baik di dunia usaha maupun pemerintahan. Beberapa posisi penting yang pernah ia jabat di sektor bisnis meliputi:

  • Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk.
  • Presiden Komisaris PT Ciptadana Sekuritas.
  • Presiden Direktur PT Bisma Narendra.
  • Komisaris PT Sorini Corporation Tbk.
Dalam sektor politik dan pemerintahan, Airlangga Hartarto pernah memimpin Asosiasi Emiten Indonesia pada periode 2011-2014. Ia juga menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009) dan menjadi Wakil Bendahara DPP Partai Golkar (2004-2009).

Pada periode 2009-2015, ia menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar dan kembali terpilih sebagai anggota DPR untuk Jawa Barat V (2009-2014) di mana ia memimpin Komisi VI yang menangani perindustrian, perdagangan, UKM, investasi, dan BUMN. Ia juga pernah menjadi Menteri Perindustrian (2016–2019) dan saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Baca juga: Prabowo minta Airlangga jaga situasi perekonomian bangsa

Baca juga: Profil Rosan Roeslani, calon Menteri Investasi dalam kabinet Prabowo

Baca juga: Profil Wamenaker Afriansyah Noor yang akan masuk kabinet Prabowo


Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024