Jakarta (ANTARA) - Membuat secangkir kopi sendiri di rumah, di kantor, atau di mana pun, bisa menjadi pengalaman yang memuaskan, terutama ketika mengetahui beberapa rahasia untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna.

Dalam prosesnya, detail kecil yang sederhana seperti teknik penyeduhan, dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas minuman kopi yang dihasilkan, seperti yang dikatakan Pelatih Barista PT Langgeng Makmur Kencana (LMK) Arie Nugroho.

“Sekarang banyak berbagai macam metode penyeduhan kopi, salah satunya saat membuat kopi tubruk yang sederhana, namun ada satu rahasia membuat kopi sendiri yang sering terlewatkan, yakni menunggu kopi yang telah diseduh sekitar 4 menit sebelum dinikmati,” ujarnya pada kunjungan ke ANTARA Heritage Center, di Jakarta, Rabu (9/10).

Baca juga: Tips membuat kopi instan sendiri di rumah

Pelatih barista yang telah menggeluti dunia kopi lebih dari 20 tahun ini mengatakan, kopi tubruk yang baru diseduh sebaiknya ditunggu sekitar empat menit sebelum diminum, sebab proses ini memungkinkan rasa dan aroma kopi untuk berkembang secara optimal.

Saat kopi diseduh, suhu tinggi dapat menyebabkan rasa pahit yang berlebihan dan mengganggu keseimbangan cita rasanya.

Dengan menunggu sejenak, partikel-partikel kopi dapat mengendap, memberikan waktu bagi rasa yang lebih halus dan kompleks untuk muncul.

Baca juga: Tips memilih mesin kopi rumahan

Selain itu, suhu kopi juga sedikit menurun, sehingga pencinta kopi bisa menikmati kehangatan tanpa risiko terbakar lidah.

Dengan demikian, menunggu beberapa menit sebelum menyeruput kopi tubruk tidak hanya meningkatkan pengalaman minum, tetapi juga memungkinkan Anda merasakan setiap nuansa rasa yang ditawarkan.

“Kopi itu butuh waktu untuk diekstrak atau proses pemasakan, makanya biasanya kalau minum kopi itu lebih baik ditunggu sekitar 4 menit supaya si air panasnya benar-benar telah mengekstrak kopinya, ini membuat rasanya lebih intens dan aroma kopinya lebih timbul,” kata Arie, yang juga bekerja untuk Accor Group.

Baca juga: Tips buat es latte kekinian hanya dengan tiga bahan

Baca juga: Cara minum kopi kekinian agar jadi lebih sehat


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024